kumparan
31 Mei 2018 11:02

5 Manfaat Kesehatan di Balik Segarnya Belimbing

Ilustrasi buah belimbing
Ilustrasi buah belimbing. (Foto: Thinkstock)
Belimbing merupakan salah satu buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Memiliki rasa asam yang menyegarkan, buah berbentuk bintang dengan warna kuning pucat ini mengandung kadar air yang banyak.
ADVERTISEMENT
Rasa asam inilah yang sering dimanfaatkan orang untuk mengolah belimbing menjadi minuman segar atau dessert. Bahkan, beberapa jenis belimbing dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak.
Selain nikmat, ternyata belimbing juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh hingga menurunkan berat badan, mengingat belimbing kaya akan vitamin C dan antioksidan.
Lalu, manfaat apa lagi yang bisa didapat dari belimbing? Dilansir Food NDTV, berikut lima di antaranya:
1. Mencegah radang kulit
Ilustrasi buah belimbing
Ilustrasi buah belimbing. (Foto: Thinkstock)
Selain segar, belimbing juga kaya akan mandungan anti-inflamasi yang dapat menurunkan risiko gangguan kulit seperti dermatitis atau radang kulit, yang ditandai dengan gatal hingga ruam kemerahan. Selain itu, buah berair banyak ini juga tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang akan membantu mempercepat proses detoksifikasi dengan membuang racun di dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
2. Meningkatkan kesehatan jantung
Ilustrasi penyakit jantung
Ilustrasi penyakit jantung. (Foto: Thinkstock)
Di balik rasa asam dan manisnya yang menyegarkan, belimbing ternyata juga tinggi akan kandungan sodium dan potasium yang baik bagi kesehatan jantung. Kandungan mineral berupa potasium dan sodium ini berfungsi sebagai elektrolit, yang dapat membantu mengontrol detak jantung agar tetap stabil serta melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.
3. Menurunkan berat badan
timbangan 3
Jangan menimbang di timbangan yang berbeda. (Foto: Thinkstock)
Belimbing juga mengandung serat tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan alternatif penurun berat badan. Serat akan mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga program diet akan menjadi lebih efektif. Selain itu, serat juga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga hasrat ngemil dapat lebih terkontrol.
4. Mengontrol tekanan darah
Pengecekan tekanan darah
Pengecekan tekanan darah (Foto: Wikimedia Commons)
Tinggi akan kalsium, belimbing bermanfaat untuk memperkuat tulang serta menurunkan risiko gangguan jantung seperti serangan jantung dan stroke, dengan cara mengendurkan saraf-saraf dan pembuluh darah arteri yang tegang. Dengan begitu, detak jantung menjadi lebih rileks dan peredaran darah pun menjadi lebih lancar.
ADVERTISEMENT
5. Mengontrol insulin
Insulin
Diabulimia, diet insulin yang berlebihan (Foto: Thinkstock)
Meski memiliki cita rasa asam dan sedikit manis yang segar, belimbing ternyata aman dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun orang dengan gula darah yang tinggi. Di dalam belimbing terkandung serat tak larut yang dapat mencegah pelepasan glukosa pada makanan. Selain itu, serat dapat membantu mengontrol kadar insulin agar tetap stabil sehingga tetap aman meski dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan