kumparan
Food & Travel12 Maret 2018 12:43

5 Restoran Legendaris yang Wajib Kamu Kunjungi saat Berada di Padang

Konten Redaksi kumparan
Kuliner legendaris Padang
Kuliner legendaris Padang. (Foto: Instagram @ms_stevy & @ongkronganturagari)
Sedang berkunjung ke Padang?
Tak hanya memiliki keindahan alam dan wisatanya yang tersohor, ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat ini juga menyimpan kekayaan kuliner yang nikmat. Cita rasa pedas gurihnya membuat banyak orang ketagihan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya rendang dan sajian nasi padangnya yang terkenal, kota Padang juga memiliki berbagai hidangan khas yang tak kalah lezat. Misalnya, soto Padang dan sate Padang yang dapat kamu temukan dengan mudah di berbagai restoran yang ada di kota Padang.
Bahkan, beberapa restoran sudah sangat populer dan melegenda. Ya, kota Padang memang memiliki sederet restoran legendaris yang menonjolkan cita rasa autentik.
Tak perlu lagi meragukan kualitas rasanya, berikut lima restoran legendaris yang patut kamu coba saat berada di Padang:
1. Soto Garuda
Berdiri sejak tahun 1976, kualitas dan cita rasa sajian soto dari restoran ini masih tetap terjaga. Soto khas Padang terdiri dari potongan daging dan paru goreng, lengkap dengan potongan kentang dan bihun.
ADVERTISEMENT
Disiram dengan kuah kaldu sapi dan cuka, cita rasa soto yang gurih dan sedikit asam membuatnya terasa segar saat disantap. Apalagi, aroma khas dari Soto Garuda yang menggugah selera akan membuatmu tak sabar untuk menyantapnya. Lezat!
Soto Garuda
Jalan Letjen. S. Parman 112-B-C-E.
Jam buka: 07.00 - 21.00
2. Sate Mak Syukur
Meski terletak di Padang Panjang, yakni di antara kota Padang dan Bukittinggi, namun tak menyurutkan para pecinta kuliner untuk singgah dan mencicipi sate legendaris ini. Telah dijual sejak tahun 1941, sajian sate ini selalu menjadi incaran para wisatawan.
Irisan daging sapi yang ditusuk dan disiram menggunakan kuah kuning kental ini menggunakan bagian rusuk dan punuk dari sapi, sehingga memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dan mengandung lemak. Kandungan lemak inilah yang membuat sate terasa lembut dan nikmat.
ADVERTISEMENT
Cita rasa kuahnya yang gurih dan sedikit pedas masih tetap sama, dan memiliki kekhasan tersendiri. Tak heran, banyak pelanggan yang ketagihan dan rela untuk berkunjung jauh-jauh hanya untuk menikmatinya.
Sate Mak Syukur
Jln. Sutan Syahrir 250, Padang Panjang
Jam buka: 09.00 - 21.30
3. RM Lamun Ombak
Ingin mencicipi sajian nasi padang langsung di tempat asalnya? Kamu bisa mengunjungi rumah makan legendaris yang satu ini. Menyajikan menu masakan padang pada umumnya seperti rendang, gulai ikan, ikan asam pedeh, dan paru goreng, cita rasa dari rumah makan Lamun Ombak sudah terjamin kelezatannya. Sehingga, banyak orang yang penasaran untuk mencicipinya dan membuat restoran ini tak pernah sepi pengunjung.
RM Lamun Ombak
ADVERTISEMENT
Jalan Kapten Sulaiman No. 99
Jam buka: 07.30 - 22.00
4. Lontong Malam Turagiri
Jika biasanya menu lontong sayur disajikan saat sarapan, maka sajian lontong yang satu ini justru dijual pada sore hingga malam hari. Dengan tiga jenis menu sayur yang disajikan, mulai dari gulai paku, cubadak dan tauco plus telur rebus, membuat kuliner yang satu ini tak boleh dilewatkan.
Selain itu, jenis kuah dari sajian lontong ini juga bisa dipilih sesuai selera, mulai dari kuah pakis, kuah lontong dan kuah nangka. Pengunjung juga bisa menikmati aneka menu lezat lain seperti bubur kacang hijau, bubur hitam, bubur, dan teh telur.
Lontong Malam Turagiri
Jalan Veteran 68
ADVERTISEMENT
Jam buka: 17.00 - 03.00
5. Es Durian Ganti Nan Lamo
Setelah puas menyantap kuliner khas Padang, tak ada salahnya untuk mencicipi hidangan penutup yang tak kalah lezat. Berdiri sejak tahun 1960, kedai ini menyediakan berbagai menu es durian, seperti Es Durian Thok, Es Durian Cream, dan Es Durian Campur.
Menu-menu es durian ini juga dilengkapi dengan berbagai topping seperti potongan agar-agar, nata de coco, es serut, hingga cincau. Rasa duriannya yang kuat ditambah dengan kesegaran dari es dan berbagai topping tentu sangat pas dinikmati di tengah panasnya kota Padang.
Es Durian Ganti Nan Lamo
Jl. Pulau Karam No.103B
Jam buka: 08.00 - 22.30
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan