kumparan
Food & Travel6 April 2018 13:01

5 Tips Memasak Daging Rendang agar Tidak Mudah Hancur

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi rendang
Ilustrasi rendang. (Foto: Thinkstock)
Memiliki cita rasa yang gurih pedas dan kaya bumbu, membuat rendang menjadi salah satu sajian nikmat yang banyak disukai semua orang. Bahkan, saking lezatnya, rendang dikukuhkan sebagai masakan terlezat nomor satu versi CNN.
ADVERTISEMENT
Meski memiliki rasa yang nikmat, namun membuat daging rendang terbilang cukup rumit. Dibutuhkan trik-trik khusus untuk menghasilkan tekstur daging rendang yang empuk dan lembut.
Namun jangan khawatir, karena kumparan (kumparan.com) akan membagikan tips dan trik membuat daging rendang yang empuk tanpa menghancurkan dagingnya. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya:
1. Gunakan bagian paha sapi
Daging
Daging (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Untuk menghasilkan tekstur daging yang lembut dan tidak alot, gunakan daging bagian paha sapi. Meski sedikit keras, namun daging paha sapi memiliki tekstur yang kuat, sehingga tidak mudah hancur saat dimasak dalam waktu yang lama. Dan, jangan lupa buang bagian lemak dalam daging untuk meminimalisir kandungan kolesterolnya.
2. Perhatikan ukuran daging
Ilustrasi Daging dan Pisau
Ilustrasi Daging dan Pisau (Foto: Thinkstock)
Potong daging agak sedikit besar, karena ukuran daging yang terlalu kecil akan membuat daging mudah hancur saat dimasak. Dan pastikan memotongnya dengan teknik yang tepat, yaitu memotong melawan alur serat daging. Dilansir Serious Eats, memotong daging dengan mengikuti alur serat justru akan menghasilkan tekstur daging menjadi alot saat dimakan.
ADVERTISEMENT
3. Goreng daging sejenak
Goreng daging sebentar.
Goreng daging sebentar. (Foto: Thinkstock)
Untuk meghasilkan tekstur daging yang lembut namun tidak mudah hancur, kamu bisa menggorengnya sebentar dengan menggunakan minyak panas sebelum memasukannya ke dalam kuah santan. Goreng daging selama 2-3 menit dengan wajan anti lengket hingga berubah warna, lalu sisihkan.
4. Masak dengan api kecil
MASAK 1
Merebus. (Foto: Thinkstock)
Untuk menghasilkan sajian rendang yang nikmat, masak rendang dengan api kecil. Untuk memasaknya, dibutuhkan setidaknya 5-7 jam agar rendang matang sempurna. Meski terhitung lama, namun sajian rendang yang dimasak dalam waktu lama akan membuat dagingnya semakin empuk dan bumbunya meresap sempurna ke dalam serat daging.
5. Jangan mengaduk terlalu sering
Jangan terlalu sering diaduk.
Jangan terlalu sering diaduk. (Foto: Thinkstock)
Saat proses memasak, jangan mengaduk rendang terlalu sering. Hal tersebut akan membuat tekstur daging mudah hancur. Sebaiknya, aduk rendang sesekali saja, dan biarkan dagingnya matang dengan sendirinya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan