Food & Travel
·
4 Maret 2020 19:52

5 Tips Supaya Cepat Pulih dari Flu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Supaya Cepat Pulih dari Flu (38530)
com-Ilustrasi seseorang yang sedang terkena flu. Foto: Shutterstock
Saat cuaca sedang tak menentu dan daya tahan tubuh menurun, tubuh cenderung rentan terkena infeksi virus. Nah, flu merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap muncul akibat virus.
ADVERTISEMENT
Hidung berair, kepala pusing, ditambah dengan batuk yang tak kunjung berhenti, tentu membuat produktivitas jadi terhambat. Apalagi, gejala flu biasanya berlangsung selama satu hingga dua minggu.
Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat pemulihan gejala-gejala flu. Dengan begitu, kita pun bisa segera kembali produktif.
Berikut telah kumparan rangkum, lima tips untuk mempercepat pemulihan flu, di antaranya:

1. Istirahat di rumah

5 Tips Supaya Cepat Pulih dari Flu (38531)
Ilustrasi tidur. Foto: Shutterstock
Tubuh membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus flu, sehingga sebaiknya kurangi kesibukan rutinitas harian. Bila perlu, istirahat di rumah hingga kondisi tubuh terasa membaik.
Selain membantu tubuh pulih lebih cepat, dengan beristirahat di rumah, kita akan mencegah penyebaran flu ke orang lain. Sebab, virus flu cepat menular, dan bisa menginfeksi orang yang berinteraksi dengan kita.
ADVERTISEMENT

2. Hidrasi tubuh

5 Tips Supaya Cepat Pulih dari Flu (38532)
com-Ilustrasi Minum AIr Foto: Shutterstock
Salah satu gejala flu adalah demam tinggi, yang bisa membuat kita berkeringat. Selain itu, beberapa gejala flu juga disertai dengan muntah dan diare. Maka itu, tubuh kita memerlukan banyak asupan air untuk mengganti cairan yang hilang, serta melawan infeksi.
Air adalah pilihan terbaik, tapi kita juga bisa mengonsumsi teh herbal, atau teh dengan madu. Minuman ini bisa menenangkan gejala yang dialami, sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebaliknya, hindari jenis minuman yang membuat dehidrasi; seperti kopi atau alkohol.

3. Tidur sebanyak mungkin

5 Tips Supaya Cepat Pulih dari Flu (38533)
Ilustrasi tidur dan bermimpi. Foto: Shutterstock
Tidur adalah obat terbaik saat kita sedang mengidap flu. Sebaiknya, tidurlah lebih cepat dari waktu biasanya.
Sisihkan waktu untuk tidur siang, untuk memberikan lebih banyak waktu bagi tubuh untuk pulih. Istirahat dan tidur juga bisa mengurangi risiko komplikasi flu serius, seperti pneumonia.
ADVERTISEMENT

4. Minum teh hijau atau teh hitam

5 Tips Supaya Cepat Pulih dari Flu (38534)
Ilustrasi minum teh hijau Foto: dok.shutterstock
Tak cuma bisa menghangatkan badan dan meredakan sakit tenggorokan, kedua jenis teh ini juga bisa membantu melawan infeksi flu pada tubuh.
Dilansir WebMD, teh hijau dan hitam mengandung katekin, senyawa kimia yang punya efek antibiotik dan antidiare alami. Usahakan untuk mengonsumsi teh yang masih berupa daun kering, supaya kadar nutrisinya tetap utuh dan bisa diserap tubuh.

5. Tingkatkan asupan zinc

5 Tips Supaya Cepat Pulih dari Flu (38535)
Membumbui steak. Foto: Dok. Pixabay
Mineral zinc sangat penting bagi sistem imun kita. Nutrisi ini bisa membantu tubuh memproduksi sel darah putih, yang berguna melawan bakteri. Selain itu, penelitian berjudul Overview and management of colds and flu: review menunjukkan, zinc bisa membantu meredakan gejala flu dan pilek.
ADVERTISEMENT
Zinc akan membantu tubuh melawan virus flu, dan memperlambat perkembangan virus. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zinc, seperti; daging merah, kacang lentil, chickpeas, olahan susu, telur, dan kacang polong.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white