Food & Travel
·
31 Desember 2020 14:15

6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan (140533)
Ilustrasi makanan tahun baru Foto: dok.shutterstock
Saat makan malam tahun baru tiba, hampir di setiap negara memiliki makanan khasnya masing-masing yang menjadi sajian wajib. Bukan sekadar hidangan biasa, makanan tersebut juga merupakan simbol pengharapan untuk tahun yang baru.
ADVERTISEMENT
Dari mi, kue, hingga buah-buahan pun siap memeriahkan makan malam spesial itu. Beberapa di antara makanan khas tersebut bahkan memiliki makna yang menandakan langkah maju, kemakmuran, dan kesehatan.
Meskipun kamu dianjurkan untuk tetap di rumah selama perayaan tahun baru kali ini, tidak ada salahnya mencoba membuat hidangan dari beberapa negara berikut. Siapa tahu acara makan malammu menjadi lebih berbeda dan istimewa.

1. Kue oliebollen

6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan (140534)
Oliebollen khas Belanda Foto: dok.shutterstock
Di Belanda, kamu akan menemukan adonan kue bola-bola berisi kismis yang digoreng dalam minyak panas; sehingga dinamai oliebollen atau bola minyak. Makanan ini lebih dikenal di AS sebagai donat Belanda, biasanya diberi taburan gula bubuk dan dapat dibuat dengan bahan lain; seperti kayu manis atau potongan apel. Saat malam tahun baru, makanan penutup ini sering hadir dan dinikmati bersama segelas sampanye di negeri kincir angin itu.
ADVERTISEMENT

2. Telur mentah

6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan (140535)
Ilustrasi memisahkan telur Foto: Shutter Stock
Beralih ke daerah Amerika Tengah, tepatnya di El Salvador, ada sebuah tradisi unik. Menurut Culture Trip, satu menit sebelum tengah malam, setiap anggota keluarga memecahkan telur ke dalam segelas air dan membiarkan mereka duduk semalaman. Uniknya, saat pagi datang, kamu dapat melihat petunjuk tentang masa depan dari bentuk telur tersebut!

3. Mi panjang umur

6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan (140536)
Ilustrasi mi goreng seafood. Foto: Pixabay
Di China, Jepang, dan negara-negara Asia lainnya, mengonsumsi mi panjang umur merupakan salah satu tradisi yang dilakukan saat tahun baru, tahun baru Imlek, bahkan ulang tahun. Untuk menjaga bentuknya tetap panjang dan tidak terpotong, biasanya mi ini perlu dimasak dengan penuh hati-hati.

4. Delima

6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan (140537)
Buah Delima. Foto: Pixabay
Delima menggambarkan keberuntungan di Turki karena berbagai alasan; warna merah bak hati manusia yang melambangkan kehidupan dan kesuburan; manfaatnya yang melambangkan kesehatan; serta biji melimpah yang melambangkan kemakmuran. Semua hal tersebut merupakan harapan bagi setiap orang di awal tahun baru.
ADVERTISEMENT
Menurut Slow Travel Guide, menghancurkan buah delima pada tengah malam dipercaya dapat membawa kemakmuran dan kesehatan.

5. Lentil

6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan (140538)
Ilustrasi kacang lentil kalengan Foto: Shutter Stock
Kacang lentil, atau miju-miju, biasa menjadi hidangan populer kala perayaan tahun baru di Italia. Menurut NPR, makanan tahun baru tersebut bernama cotechino con Lenticchie (lentil hijau dengan sosis).
Beberapa orang meyakini kalau saat dimasak, lentil menjadi berisi air yang melambangkan kekayaan. Selain itu, lentil juga dianggap sebagai keberuntungan di Hongaria —di mana mereka lebih disukai sebagai hidangan sup.

6. Sayuran hijau

6 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara, AS Punya Tradisi Telur Masa Depan (140539)
Ilustrasi sayuran selada air Foto: dok.Shutterstock
Dilakukan dari pesisir Amerika Selatan hingga Eropa, orang-orang makan sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi, dan kubis pada tahun baru. Hal ini karena warna dan penampilannya yang menyerupai uang kertas.
ADVERTISEMENT
Spruce Eats juga mencatat bahwa semakin banyak sayuran yang kamu makan, kamu akan semakin sejahtera —tidak lupa, semakin sehat juga!
Reporter: Natashia Loi