Food & Travel
·
29 Mei 2020 8:30

6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan (233215)
Ilustrasi daun singkong. Foto: Pixabay
Daun singkong bisa menjadi pilihan sayuran murah-meriah yang nikmat dimasak menjadi sajian berkuah maupun tumisan. Teksturnya yang renyah dan sedikit kesat membuat daun hijau ini banyak digemari masyarakat Indonesia. Terlebih daun dari tanaman umbi ini dapat dengan mudah kita temukan mulai dari di pasar tradisional hingga modern.
ADVERTISEMENT
Tahukah kamu? Selain terjangkau, daun singkong ternyata kaya akan nutrisi; seperti vitamin, mineral, hingga protein yang baik untuk kesehatan kita. Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan manfaat daun singkong bagi tubuh manusia.
Jadi, apa saja manfaat daun singkong untuk tubuhmu? Berikut rangkuman selengkapnya.

1. Mengobati diare

6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan (233216)
com-Ilustrasi sakit perut Foto: Shutterstock
Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Ayurvedic and Integrative Medicine tahun 2015 menunjukkan, bahwa ekstrak daun singkong dapat mengobati gangguan pencernaan seperti diare.
Hal ini juga telah dibuktikan pada tikus yang mengalami diare, kemudian diinduksi ekstrak daun singkong dalam obatnya. Hasilnya tikus tersebut perlahan membaik, yang ternyata efek ekstrak daun singkong sama dengan obat-obatan diare lainnya.

2. Sayuran yang kaya akan protein

6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan (233217)
Ilustrasi daun singkong Foto: dok.Shutterstock
Dikutip dari Medical News Today, daun singkong adalah salah satu sumber protein yang terdapat dalam sayuran. Untuk itu, ada beberapa orang memanfaatkan daun singkong dalam mengatasi penyakit kwashiokor (kondisi gizi buruk akibat kekurangan protein).
ADVERTISEMENT

3. Mengembalikan nafsu makan

6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan (233218)
Ilustrasi daun singkong Foto: dok.Shutterstock
Sudah sejak lama daun singkong rebus ternyata juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengembalikan nafsu makan. Dilansir dari Health Benefits Times, untuk menjadikan daun singkong sebagai obat peningkat nafsu makan kamu bisa merebusnya berbarengan dengan jahe.

4. Mengobati stroke ringan

6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan (233219)
Stroke Foto: Thinkstock
Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa kandungan zat isoflavon dapat membantu mengobati stroke ringan. Kandungan tersebut ternyata juga terdapat dalam daun singkong.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan (233220)
Ilustrasi daun singkong Foto: dok.Shutterstock
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa daun singkong kaya akan vitamin; salah satunya ada vitamin C. Maka dari itu, mengonsumsi daun singkong yang kaya akan vitamin C dan folat, juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh terlebih di tengah banyaknya serangan virus seperti sekarang ini.
ADVERTISEMENT

6. Sumber energi

6 Manfaat Daun Singkong, Sayuran Hijau yang Bantu Atasi Gangguan Pencernaan (233221)
Ilustrasi lari di tangga. Foto: Shutterstock
Asam amino esensial yang terkandung dalam daun singkong juga bisa menjadi sumber energi di kala tubuh lemas. Ini karena zat asam aminonya membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan aktivitas harian.