kumparan
4 Apr 2018 11:54 WIB

7 Festival Makanan Terbesar di Belgia

Festival Makanan di Belgia (Foto: flickr/ miguel discart)
Lebih sering dikenal sebagai negara penghasil cokelat terlezat di dunia, ternyata negara yang terletak di bagian barat Eropa ini juga memiliki sederet festival makanan yang patut untuk dikunjungi. Ya, penduduk Belgia memang disebut-sebut sangat ahli dalam mengadakan pesta, terutama dalam hal menyajikan makanan dan wine.
ADVERTISEMENT
Beragam makanan, mulai dari makanan mewah, street food, hingga makanan laut dan wine berkualitas tinggi kerap disuguhkan dalam berbagai festival makanan di Belgia. Tak hanya makanan lokal, rupanya beberapa makanan dari seluruh dunia pun turut disajikan.
Menariknya, festival-festival ini diadakan secara berurutan dalam sepanjang tahun. Dilansir The Culture Trip berikut tujuh festival makanan terbesar yang ada di Belgia:
1. Antwerpen Proeft
Antwerpen Proeft (Foto: flickr/ VISIT SANDERS)
Festival makanan yang diadakan di Antwerp, Belgia ini telah rutin dilakukan selama lebih dari 10 tahun. Menghadirkan koki-koki terkenal, berbagai demo dan workshop memasak dapat diikuti dalam festival ini. Antwerpen Proeft sendiri dilaksanakan pada awal April hingga akhir Mei setiap tahunnya.
2. Festival Food Truck Brussels
Food truck Festival (Foto: flickr/ guyvitagasi)
Di awal bulan Mei, ratusan food truck akan terlihat memenuhi Mon des Arts, salah satu tempat bersejarah di Brussels. Ya, festival food truck di Belgia ini disebut-sebut sebagai salah satu festival makanan yang terbesar di dunia. Para pengunjung dapat menikmati berbagai makanan lezat yang tersedia di lebih dari 120 truk makanan yang ada.
ADVERTISEMENT
3. Festival Udang
Festival udang (Foto: flickr/ Vandermaesen)
Kota Oostduinkerke yang terletak di pesisir Belgia membuatnya kaya akan hasil laut, khususnya udang. Setiap tahunnya di akhir bulan Juni, festival udang diadakan di kota ini.
Uniknya, para nelayan akan menaiki kuda yang telah dikaitkan dengan jaring untuk menangkap udang, dan mereka akan berada di tengah laut selama beberapa jam hingga jaringnya penuh dengan tangkapan udang. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai hidangan udang yang berbeda-beda dalam festival ini.
4. Festival Omelet Raksasa
Festival telur raksasa (Foto: flickr/ sam hsieh)
Setiap pertengahan bulan Agustus, festival memasak omelet raksasa diadakan di Malmedy, sebuah kota kecil di Belgia. Sebanyak 10 ribu telur digunakan untuk dimasak di dalam panci berdiameter 4 meter. Tak kalah unik, sendok kayu raksasa juga digunakan untuk memasak dan membalik adonan telur.
ADVERTISEMENT
5. Vegan Summer Festival
Vegan Summer Festival (Foto: flickr/ miguel discart)
Jika kamu adalah vegetarian, festival ini menjadi salah satu acara yang patut kamu kunjungi. Sebanyak kurang lebih 50 kios dan truk makanan vegan tersedia di sini. Selain itu, terdapat berbagai acara lain seperti demo masak makanan vegan dan talkshow seputar vegetarian.
6. Kookeet
Kookeet (Foto: flickr/ Kookeet)
Ingin merasakan pengalaman menikmati sajian gastronomi yang tersohor di Belgia? Diselenggarakan pada minggu akhir bulan September setiap tahunnya, festival Kookeet atau ‘Cookeat’ ini menghadirkan koki ternama yang akan memberikan demonstrasi pengolahan hidangan, diskusi mengenai kuliner, dan tentunya, sajian menu kelas dunia.
7. Eat, Brussels! Drink, Bordeaux!
Eat, Brussels! Drink, Bordeaux! (Foto: flickr/ VISIT FLANDERS)
Dalam festival ini, berbagai makanan khas Belgia akan disajikan bersama wine terbaik yang berasal dari daerah Bordeaux. Tak hanya itu, aneka hidangan lezat tersebut akan disajikan oleh kurang lebih 25 restoran lokal. Lokasinya yang berada di taman Bois de la Chambre yang terkenal akan sejarah dan keindahannya tentu membuat suasana bersantap semakin romantis.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan