Food & Travel
·
3 November 2020 9:14

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580780)
Ilustrasi perempuan usia 40 tahun yang sedang diet Foto: dok.shutterstock
Memilih makanan sehat bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi para perempuan di usia 40 tahunan. Metabolisme melambat ditambah pegal dan ngilu di beberapa bagian tubuh membuat kamu harus memilih diet yang lebih sehat.
ADVERTISEMENT
Melihat kondisi tubuh sekarang, kamu harus memperhatikan pola makan yang sedang dijalani. Tubuh pada usia ini dapat dijaga dengan memilih aktivitas yang tepat, merawat penampilan diri, serta memberi asupan makanan yang dapat menjaga tubuh. Mengutip Eat This, berikut 7 makanan untuk diet sehat bagi perempuan usia 40 tahun ke atas.

1. Alpukat

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580781)
Ilustrasi Biji Alpukat Foto: Shutterstock/J.chizhe
Menurut penelitian mengonsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mengatur kadar kolesterol, meningkatkan fungsi pencernaan, mendukung kesehatan mata, serta menjaga berat badan sehat. Kandungan antioksidan dalam alpukat juga dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan keriput, serta melembabkan kulit kamu, memberi kesan lebih sehat dan segar.

2. Ikan dengan kandungan minyak

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580782)
Ikan makarel. Foto: Shutterstock
Hardik Soni, MD, dokter di Ethos Medical Spa di New Jersey, merekomendasikan agar perempuan mengonsumsi ikan berlemak kaya Omega-3 ke dalam diet mereka. Lemak sehat yang ditemukan dalam salmon, herring, dan makarel dapat membantu menyeimbangkan hormon, yang cenderung berfluktuasi setelah usia 40 tahun.
ADVERTISEMENT

3. Quinoa

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580783)
Quinoa. Foto: Dok. Pixabay
Quinoa memiliki kandungan serat lebih tinggi daripada kebanyakan biji-bijian lainnya. Biji ini juga tinggi protein, mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, dan kaya magnesium, zat besi, folat, serta asam lemak Omega-3. Makanan ini mampu mencegah penyakit kardiovaskular, menurunkan risiko batu ginjal, diabetes, bahkan kanker.

4. Flaxseed

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580784)
ilustrasi flaxseed Foto: Shutterstock
Flaxseed atau biji flaks merupakan makanan populer antipenuaan —memberikan efek pada kulit dan kesehatan secara menyeluruh. Mengandung asam lemak omega-3, biji ini terbukti membantu menjaga kulit terlihat lebih muda, mencegah keriput, menjaga kelembaban, serta melindungi dari kerusakan akibat sinar UV.

5. Teh hijau

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580785)
Konsumsi Teh Hijau Agar Tetap Enerjik Foto: Thinstock
Green tea atau teh hijau memiliki banyak antioksidan yang dapat membantu melindungi kita dari radikal bebas akibat stres oksidatif. Dibanding kopi atau alkohol, meminum teh hijau memiliki lebih banyak manfaat kesehatan.
ADVERTISEMENT

6. Telur

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580786)
Omelet brokoli Foto: Shutterstock
Menjaga massa otot merupakan hal yang juga penting saat usia 40-an. Untuk mencegah hilangnya massa otot, kamu perlu rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan kaya protein seperti telur. Selain mampu menjaga massa otot, telur juga merupakan makanan antikeriput —mengandung tiga asam amino baik: prolin, glisin, dan lisin.

7. Bawang putih

7 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat Perempuan 40 Tahun ke Atas (580787)
Bawang putih cincang yang dicampur dengan air mawar bisa mengatasi jerawat pada kulit sensitif. Foto: Shutterstock
Kebiasaan mengonsumsi bawang putih dalam hidangan sehari-hari sebenarnya membawa manfaat, lho. Bawang putih sangat penting untuk meningkatkan aliran darah dan melawan infeksi bakteri serta virus.
Selain itu, kandungan vitamin dan mineral bawang putih dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Menjadikannya sebagai makanan pencegahan penyakit jantung.
Reporter: Natashia Loi