Food & Travel
·
21 September 2020 17:19

Antirepot! 5 Peralatan Masak yang Mempermudah Mencacah Bawang Putih

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Antirepot! 5 Peralatan Masak yang Mempermudah Mencacah Bawang Putih (34330)
Ilustrasi alat pencacah bawang putih Foto: Dok.Shutterstock
Selama ini pisau menjadi salah satu peralatan masak yang kerap digunakan untuk memotong bahan masakan apa pun. Padahal, tahukah kamu? Di zaman modern ini sudah banyak peralatan dapur sederhana yang bisa membuat proses memasak jadi lebih mudah.
ADVERTISEMENT
Begitu pula, ketika harus mencacah halus bawang putih kamu sebenarnya enggak perlu repot memotongnya satu-satu dengan pisau. Sebab, sudah banyak peralatan dapur yang membuat proses menyiapkan bumbu tersebut dengan lebih praktis.
Apa saja, sih alat untuk mencacah bawang putih yang bisa kamu beli di pasaran? Berikut rangkumannya.

1. Garlic grip

Antirepot! 5 Peralatan Masak yang Mempermudah Mencacah Bawang Putih (34331)
Ilustrasi garlic grip Foto: Dok.Shutterstock
Bila mencari alat pencacah bawang putih, umumnya yang akan kamu temukan adalah jenis satu ini. Untuk memakainya, kamu hanya perlu meletakkan satu per satu bawang putih yang sudah dikupas ke dalam wadah. Selanjutnya tekan, dan butiran cacahan bawang putih akan keluar dari bagian grater. Mudah!

2. Garlic press

Antirepot! 5 Peralatan Masak yang Mempermudah Mencacah Bawang Putih (34332)
Ilustrasi garlic press Foto: Dok.Shutterstock
Peralatan dapur satu ini juga dapat dengan mudah kamu temukan di supermarket maupun toko peralatan rumah tangga. Bentuknya yang menyerupai lingkaran dengan holder khusus, juga sangat mudah untuk dipakai. Kamu hanya perlu meletakkan bawang di atas talenan, lalu tekan, dan cacahan bawang putih pun siap dimasak.
ADVERTISEMENT

3. Parutan

Antirepot! 5 Peralatan Masak yang Mempermudah Mencacah Bawang Putih (34333)
Ilustrasi parutan Foto: Dok.Shutterstock
Bila kamu tak ingin membeli alat pencacah khusus, enggak perlu khawatir. Sejatinya, kamu bisa menggunakan parutan keju maupun yang lubangnya lebih kecil untuk membuat cacahan bawang. Parutlah bawang searah sehingga cacahannya tak terlalu halus.

4. Cobek atau ulekan

Antirepot! 5 Peralatan Masak yang Mempermudah Mencacah Bawang Putih (34334)
Ilustrasi ulekan Foto: Dok.Shutterstock
Cara satu ini menjadi favorit tips untuk mendapatkan cacahan bawang yang halus sejak dahulu kala. Kamu hanya perlu mengulek bawang putih hingga tingkat kehalusan sesuai selera.
Kekurangannya, bila menggunakan cobek kamu tak bisa mendapatkan potongan cacahan bawang putih seperti halnya dengan menggunakan alat khusus.

5. Chopper

Antirepot! 5 Peralatan Masak yang Mempermudah Mencacah Bawang Putih (34335)
Ilustrasi chopper Foto: Dok.Shutterstock
Alat satu ini juga termasuk yang favorit dan bahkan wajib ada di dapur para milenial. Soalnya, chopper bukan hanya bisa digunakan untuk mencacah bawang putih, melainkan bahan makanan lainnya.
ADVERTISEMENT