Food & Travel
·
29 April 2020 11:28

Apakah Pola Makan Vegetarian atau Vegan Selama Puasa Bisa Bikin Lemas?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apakah Pola Makan Vegetarian atau Vegan Selama Puasa Bisa Bikin Lemas? (348341)
Ilustrasi Vegan Foto: Shutter Stock
Vegetarian dan vegan adalah dua pola makan yang mengutamakan asupan dari makanan natural atau istilahnya plant based. Cara makan seperti ini didasari oleh banyak mengonsumsi buah dan sayur, serta mengurangi produk hewani. Levelnya pun berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Atas dasar itulah, banyak yang menganggap bahwa mengikuti kedua pola makan tersebut bisa bikin kita tidak kenyang, tersiksa, tidak puas makan, hingga lemas. Apalagi saat ini kita sedang menjalankan puasa Ramadhan.
Lantas, apa masih bisa kita menerapkan pola makan vegetarian atau vegan selama puasa?
Apakah Pola Makan Vegetarian atau Vegan Selama Puasa Bisa Bikin Lemas? (348342)
Ilustrasi perempuan yang tidak suka pola makan vegetarian Foto: Shutterstock
Menurut ahli nutrisi dr Sylvia Irawati,M.Gizi, pola makan plant based --vegetarian dan vegan-- masih bisa diterapkan selama puasa. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa tetap memenuhi kebutuhan gizi tubuh.
Caranya, dengan memilih bahan makanan yang bernutrisi sehingga bisa menjadi sumber asupan sehat selama puasa. Selain itu, dokter bergelar Certified Plant Based Nutrition tersebut, juga menyarankan untuk mengurangi makanan kemasan atau yang diproses; seperti roti putih, kue, biskuit, mi, sirup, gula, dan minuman manis lainnya.
ADVERTISEMENT
Minuman manis tinggi gula, menurutnya, dapat menyebabkan meningkat dan menurunnya gula darah dengan cepat; sehingga membuat kita jadi mudah lapar.
Apakah Pola Makan Vegetarian atau Vegan Selama Puasa Bisa Bikin Lemas? (348343)
Ilustrasi anak minum sirup Foto: Shutterstock
Perkaya juga nutrisi dengan makan buah dan sayur. Untuk jenis buah dan sayurnya, dr Sylvia mengatakan tidak ada yang khusus untuk dikonsumsi selama puasa. Kita dapat makan buah dan sayur sebagaimana biasanya agar kebutuhan tubuh tetap sama.
Selain itu, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup. Sesuai sarannya, konsumsilah air putih dengan pola 2-4-2; yaitu dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat makan malam, dan dua gelas pas sahur.
Namun, tak sedikit juga dari kita yang mungkin ragu untuk menerapkan kedua pola makan tersebut selama puasa karena takut lemas. Sebab vegetarian terutama vegan kebanyakan hanya mengonsumsi buah dan sayur saja.
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir, dr Sylvia mengungkapkan kalau kunci seorang vegetarian atau vegan supaya tak lemas selama puasa adalah dengan mengganti sumber karbohidrat sederhana menjadi yang kompleks.
"Karbohidrat kompleks kandungan gizinya lebih baik, sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama, dan menjaga gula darah lebih stabil sehingga tidak cepat lapar," terangnya saat kumparan hubungi melalui pesan singkat pada Rabu (29/4).
Apakah Pola Makan Vegetarian atau Vegan Selama Puasa Bisa Bikin Lemas? (348344)
Sumber karbohidrat. Foto: thinkstock
Beberapa pilihan karbohidrat kompleks yang dimaksud seperti kentang, ubi, oat, nasi merah, jagung, dan singkong. Selain itu, sebenarnya ada beberapa buah dan sayuran lain yang juga bisa menjadi sumber karbohidrat kompleks, hanya saja masih tetap perlu dikombinasikan dengan pilihan makanan tadi.
Cukupi juga asupan kita dengan makanan kaya serat, lanjutnya. Soalnya, serat bisa membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama.
ADVERTISEMENT
Untuk para vegetarian atau vegan yang menjalankan puasa #dirumahaja seperti sekarang ini, menurut dr Sylvia, kamu bisa menyetok beberapa jenis makanan yang membantu menjaga keugaran tubuh. Makanan tersebut seperti oat, kacang-kacangan, biji-bijian, olahan kedelai, sayuran hijau segar, dan buah segar.
Sementara untuk cara pengolahannya --bagi yang vegetarian--, sebaiknya hindari penggunaan banyak minyak. Sebab, minyak sulit dicerna tubuh sehingga membebani saluran cerna yang bisa menyebabkan kita kembung ataupun mual. Kurangi pula, makanan berbumbu tajam seperti cabai dan asam yang juga bisa mengiritasi saluran cerna.
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.