Arti di Balik Warna Penjepit Kemasan Roti Tawar

17 Maret 2018 18:18 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:10 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Arti warna pada penjepit roti (Foto: Wikimedia commons)
zoom-in-whitePerbesar
Arti warna pada penjepit roti (Foto: Wikimedia commons)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menjadi salah satu makanan pokok, roti memang kerap kali dijadikan sebagai menu makan sehari-hari, khususnya sarapan. Selain kandungan karbohidratnya yang mampu memberikan energi, mengkonsumsi roti untuk sarapan juga sangat praktis.
ADVERTISEMENT
Saat ini, telah tersedia banyak jenis roti dari berbagai merk yang tersedia di pasaran. Mulai dari roti gandum, roti tawar, roti sobek, hingga roti selai. Berbagai roti tersebut juga memiliki aneka varian rasa sehingga pembeli dapat memilih sesuai dengan selera mereka.
Namun, sadarkah kamu bahwa setiap produk roti tawar memiliki stiker atau penjepit kemasan dengan berbagai macam warna? Mulai dari penjepit kemasan berwarna merah, biru, hingga putih seringkali terlihat menghiasi produk roti tawar.
Warna tersebut sejatinya adalah penanda tersendiri yang menunjukkan hari dibuatnya roti tersebut sehingga, kamu bisa memperkirakan kesegaran dan kapan roti tersebut akan kedaluwarsa. Lantas, apa saja makna di balik warna-warna tersebut? Dilansir WiseBread, berikut penjelasannya:
1. Biru
ADVERTISEMENT
Warna biru menandakan bahwa roti tersebut dibuat di hari Senin. Oleh karena itu, bila hendak membeli roti di hari yang sama, usahakan untuk memilih kemasan yang memiliki penjepit roti atau stiker berwarna biru.
2. Hijau
Jika kamu ingin membeli roti di hari Selasa, pilihlah roti yang memiliki stiker atau penjepit bertanda hijau. Warna ini menandakan bahwa roti tersebut dibuat di hari Selasa.
Pemilihan roti di hari Rabu juga bisa menggunakan patokan kemasan roti bertanda hijau, karena beberapa pabrik tidak memproduksi roti mereka di hari Rabu.
3. Merah
Roti dengan stiker atau penjepit berwarna merah diproduksi pada hari Kamis. Jika kamu ingin membeli roti segar pada tengah Minggu, maka kamu bisa mencari kemasan roti yang bertanda merah.
ADVERTISEMENT
4. Putih
Roti hasil produksi di hari Jumat memiliki tanda warna putih. Selain melihat warna stiker atau penjepit, kamu juga bisa melihat tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan roti.
Namun perlu diingat, tanggal tersebut merupakan hari pendistribusian roti tersebut atau tepatnya roti mulai dijual di pasaran. Untuk mengetahui tanggal produksi secara pasti, lebih baik tanyakan kepada penjaga toko sebelum kamu membeli roti yang kamu inginkan.
5. Kuning
Saat berbelanja roti di akhir pekan, pilihlah kemasan roti yang bertanda warna kuning. Warna ini menandakan bahwa roti dibuat pada hari Sabtu.
Sama halnya untuk hari Minggu, kamu bisa memilih roti yang bertanda sama karena terkadang beberapa pabrik tidak memproduksi roti di hari tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tidak semua pabrik dan toko roti memiliki kode warna untuk hari yang sama, tergantung dengan kebijakan dan peraturan mereka. Untuk itu, jangan segan untuk bertanya kepada penjaga toko untuk mengetahui waktu produksi roti sebelum membelinya.