Awas! Ini Peralatan di Dapur yang Paling Berkuman Menurut Penelitian

19 Januari 2023 18:04
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi dapur. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi dapur. Foto: Shutterstock
Memotong daging dan sayuran, mengupas buah, hingga memasak berbagai makanan adalah aktivitas yang biasa dilakukan di dapur. Namun, tahukah kamu bahwa ada peralatan yang paling berkuman di dapur?
Mengutip Food and Wine, meski kamu telah mencoba mencuci berbagai bahan makanan dan peralatan memasak. Akan tetapi, kontaminasi silang yang terjadi di dapur begitu sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, baru-baru ini sebuah studi telah menunjukkan salah satu peralatan di dapur kamu yang paling berkuman.
Ternyata, menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Protection tahun 2022, peralatan paling berkuman di dapur bukanlah talenan, wastafel atau pisau untuk memotong bahan masakan; melainkan toples sebagai wadah penyimpanan rempah-rempah.
Penelitian yang dipimpin oleh Donald Schaffner, dilakukan dengan meminta 371 peserta untuk menyiapkan makanan yang terdiri dari roti isi kalkun dengan kandungan bakteriofag MS2 yang tidak berbahaya bagi manusia, dan salad selada siap makan.
Ilustrasi rak tempat penyimpanan bumbu dapur. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rak tempat penyimpanan bumbu dapur. Foto: Shutterstock
Selang beberapa waktu, para peneliti kemudian mengambil sampel lingkungan untuk menilai kontaminasi silang yang terjadi karena bakteriofag MS2. Hasilnya, berbagai tempat dan peralatan yang ada di dapur tingkat positif kontaminasi silangnya tidak melebihi 20 persen, terkecuali wadah bumbu rempah yang mencapai 48 persen.
Menurut Donald, kebanyakan studi yang telah dilakukan hanya menemukan kontaminasi silang yang terjadi pada peralatan atau berbagai tempat umum di dapur lainnya, seperti pegangan keran. Sedangkan, tempat atau peralatan lain, seperti wadah rempah-rempah dinilai luput dari penelitian.
“Sebagian besar penelitian tentang kontaminasi silang permukaan dapur akibat pengolahan daging mentah atau produk unggas telah difokuskan pada talenan dapur atau pegangan keran dan telah mengabaikan wadah rempah-rempah, tutup tempat sampah, dan peralatan dapur lainnya,” ujar Donald.
Ilustrasi toples-toples bumbu di rak dapur. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi toples-toples bumbu di rak dapur. Foto: Shutter Stock
Oleh karena itu, Donald mengatakan bahwa penelitian yang telah mereka lakukan adalah temuan terbaru. Donald yang juga merupakan profesor di Departemen Ilmu Pangan di Rutgers School of Environmental and Biological Science di Amerika Serikat, mengeklaim bahwa penelitian ini lebih komprehensif daripada yang sebelumnya.
“Kami terkejut karena kami belum pernah melihat bukti kontaminasi wadah rempah-rempah sebelumnya. Hal ini membuat penelitian ini dan studi serupa dari anggota kelompok ini lebih komprehensif daripada penelitian sebelumnya,” ujar Donald.
Nah, oleh sebab itu, ketika sedang membersihkan dapur rumah, atau restoran tempat kamu kerja. Maka, sebaiknya pastikan bahwa semua tempat atau barang yang kamu sentuh juga dicuci; termasuk barang yang terkesan sepele. Bahkan, bila memungkinkan gunakanlah peralatan tambahan ketika sedang bersih-bersih di dapur.
Penulis: Riad Nur Hikmah