Food & Travel
·
17 Juli 2020 17:29

Bakmi hingga Kopi Susu, Menu Restoran yang Kini Tersedia di BlibliMart

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bakmi hingga Kopi Susu, Menu Restoran yang Kini Tersedia di BlibliMart (11775)
Peluncuran kategori 'menu restoran' di BlibliMart Foto: dok.Blibli
Melihat dampak pandemi COVID-19 yang begitu berpengaruh terhadap industri Food & Beverage (F&B), Blibli sebagai salah satu e-commerce pun kini menyediakan wadah bagi para pelaku bisnis kuliner untuk berjualan secara daring.
ADVERTISEMENT
Berkolaborasi dengan para pelaku usaha F&B, mulai dari UMKM hingga brand besar, untuk memasarkan produk melalui platform Blibli yang menyediakan kemudahan usaha; termasuk layanan logistik dan pembayaran yang diharapkan akan membawa manfaat di masa pandemi dan era kenormalan baru ini.
Kolaborasi ini masuk pada kategori ‘Menu Restoran’, kurasi terbaru di BlibliMart tersebut menampilkan berbagai seller makanan siap saji; mulai dari minuman segar seperti kopi susu kekinian, camilan, makanan sehat, dessert, dim sum, hidangan keluarga, bakmi, hingga saus dan bumbu masakan.
Bakmi hingga Kopi Susu, Menu Restoran yang Kini Tersedia di BlibliMart (11776)
Platform e-commerce Blibli. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Menurut keterangan Fransisca Krisantia Nugraha, EVP Consumer Goods Category, Blibli saat melakukan virtual press conference yang diadakan Kamis (16/7), mengatakan BlibliMart telah hadir sejak April 2020 yang awalnya hanya menjual produk groceries. Namun, kemudian kategori diperkaya dengan sembilan sub kategori baru dalam menu restoran.
ADVERTISEMENT
"Dari Maret impact-nya cukup baik. Secara order naik enam kali lipat dari April-Juni 2020. Untuk pengiriman kami juga ada kurir khusus. Mereka dilengkapi sarung tangan dan masker dengan minim contact. Sementara pembayaran, sudah sejak lama Blibli dikenal dengan opsi pembayaran terbanyak. Saat ini kamu juga baru saja bekerjasama dengan OVO," terang Kris.
Dari data yang dibeberkan, selama periode April hingga Juni ada tiga top menu, makanan, dan minuman di BlibliMart. Misalnya menu restoran, coffee shop, dan bakmi menjadi tiga top menu yang mengalami peningkatan penjualan 3-7 kali lipat.
Bakmi hingga Kopi Susu, Menu Restoran yang Kini Tersedia di BlibliMart (11777)
Peluncuran kategori 'menu restoran' di BlibliMart Foto: dok.Blibli
Sedangkan untuk kategori makanan yang paling laris adalah bakmi yang sudah diorder hingga 13.000 porsi. Untuk minumannya, kopi susu satu liter masih menjadi pilihan favorit pengguna BlibliMart yang total ordernya sudah mencapai 15.000 cup.
ADVERTISEMENT
Salah satu seller bakmi yakni Ferrie Woen, Co-Founder Bakmi Tiga Marga mengatakan bahwa ada peningkatan penjualan selama bergabung dengan Blibli.
"Kami senang Bakmi Tiga Marga dapat bergabung pada kategori Menu Restoran yang dihadirkan Blibli. Dari awal berjualan di tiga bulan yang lalu, Blibli sudah sangat mengakomodasi kehadiran kami, termasuk dengan mendukung kegiatan pemasaran online. Hal ini mendorong peningkatan signifikan sebesar enam kali lipat pada penjualan Bakmi Tiga Marga selama tiga bulan terakhir ini," ungkapnya.
Kris menambahkan, bahwa jumlah transaksi meningkat seiring dengan anjuran masa karantina #dirumahaja. "Sejauh ini kategori makanan ready to eat, drink, cook, atau heat masih menjadi produk yang paling diminati. Terlebih di dua bulan pertama masa karantina di situlah terjadi peningkatan pemesanan," tambahnya.
Bakmi hingga Kopi Susu, Menu Restoran yang Kini Tersedia di BlibliMart (11778)
Ilustrasi kopi susu Foto: Shutterstock
Untuk semakin menarik minat penggunanya, BlibliMart juga memberikan promo menarik seperti subsidi hingga ongkir gratis untuk minimum pembelanjaan Rp 100 ribu ke atas.
ADVERTISEMENT
Nantinya setelah berbelanja melalui aplikasi Blibli, pelanggan pun dapat memilih sendiri waktu pengiriman; seperti kategori waktu pengiriman sameday ataupun instan. Blibli juga memiliki kurir khusus, namun juga bekerjasama dengan jasa pengiriman lain, seperti Gojek dan Grab.
Saat ini, pengiriman BlibliMart telah menjangkau area Jabodetabek dan Bandung. Ke depan, Kris mengungkapkan juga tak menutup kemungkinan untuk memperluas jangkauan pengiriman ke daerah lainnya.