kumparan
search-gray
Food & Travel2 April 2018 8:22

Begini Cara Tepat Menyimpan Buah dan Sayuran agar Tak Cepat Busuk

Konten Redaksi kumparan
Sayuran
Sayuran (Foto: Thinkstock)
Untuk memenuhi persediaan sehari-hari, banyak orang yang membeli bahan makanan dalam jumlah banyak, tak terkecuali sayuran. Namun sayangnya, beberapa sayuran memiliki karakteristik mudah busuk. Bahkan, beberapa di antaranya akan berubah menjadi racun bila disimpan sembarangan dalam waktu lama.
ADVERTISEMENT
Karenanya, ada beberapa teknik khusus dalam menyimpan sayuran yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum lima cara tepat menyimpan sayuran agar tak mudah busuk.
1. Bungkus wortel dengan alumunium foil
Wortel.
Wortel. (Foto: Pexels)
Wortel memiliki sifat yang mudah layu saat disimpan dalam waktu lama. Untuk menyiasatinya, bungkus wortel yang telah dikupas menggunakan alumunium foil.
Alumunium foil berguna sebagai pengganti wadah kedap udara sehingga rasa dan tekstur wortel tetap segar. Simpan di dalam kulkas dan kesegaran wortel akan bertahan hingga dua minggu lamanya.
2. Rendam batang asparagus dalam segelas air
Ilustrasi Asparagus
Ilustrasi Asparagus (Foto: Pixabay)
Agar asparagus tetap renyah dalam waktu lama, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah merendam batang asparagus dalam gelas berisi air. Sebelum direndam, ikat batang asparagus lalu bungkus bagian bawahnya dengan sehelai tisu.
ADVERTISEMENT
Asparagus bersifat seperti batang bunga yang menyerap air. Dengan merendam batangnya, asparagus akan lebih segar meski disimpan dalam waktu lama.
3. Taruh beberapa lembar tisu di atas sayuran hijau
Sayuran hijau.
Sayuran hijau. (Foto: Pexels)
Seringkali kita memiliki sisa sayuran yang belum sempat terpakai. Untuk menyiasatinya, gunakan beberapa lembar tisu kering lalu simpan di atas sayuran hijau. Tisu akan menyerap air sehingga sayuran akan segar lebih lama.
4. Simpan kentang bersama buah apel
Cara menggoreng kentang ala restoran
Ilustrasi kentang. (Foto: Thinkstock)
Kentang yang telah disimpan dalam waktu lama akan ditumbuhi tunas-tunas beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu dibutuhkan teknik khusus agar kesegaran kentang tetap terjaga.
Salah satu caranya adalah menyimpan kentang bersama beberapa buah apel. Buah apel bersifat menyerap kelembapan sehingga kentang akan tetap segar meski disimpan dalam waktu lama.
ADVERTISEMENT
5. Simpan bawang menggunakan wadah dim sum
Ilustrasi akar bawang
Ilustrasi akar bawang. (Foto: Pixabay)
Selain digunakan untuk menyimpan sajian dim sum khas China, wadah dim sum yang terbuat dari bambu ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan bawang, lho. Wadah dim sum memiliki lubang-lubang ventilasi yang akan membuat bawang tetap kering meski disimpan dalam waktu yang lama. Selain itu, wadah bambu akan membuat rasa khas bawang tetap segar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white