Food & Travel
·
5 Mei 2020 11:04

Bikin Haus dan Lapar! 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pas Sahur

Konten ini diproduksi oleh
Bikin Haus dan Lapar! 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pas Sahur (38116)
Ilustrasi kelaparan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Selama puasa kita bukan hanya disarankan untuk menghindari makanan yang tak sehat, melainkan juga yang bisa menambah rasa haus dan lapar. Yap, ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata bisa memicu rasa haus dan laparmu, lho.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya bikin haus dan lapar, rupanya sederet makanan dan minuman ini juga berdampak pada kesehatanmu selama puasa. Lalu, apa saja jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari terutama pas sahur ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Teh manis

Bikin Haus dan Lapar! 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pas Sahur (38117)
Teh manis Foto: Thinkstock
Menurut jurnal Department of Food Science and Human Nutrition, Universitas Illinois tahun 2010, satu cangkir teh rata-rata mengandung 100-200 mg kafein. Kandungan ini hampir sama dengan minuman berenergi yang mencapai 160 mg.
Kandungan kafein tersebutlah yang menyebabkan teh memiliki sifat diuretik. Meski laju buang air yang disebabkan sifat tersebut tak terlalu signifikan, tapi mengonsumsi teh manis bisa menambah intenstas buang air kecil. Dengan begitu, stok cairan tubuh pun menipis yang menyebabkan kita tambah haus.
ADVERTISEMENT

2. Dessert

Bikin Haus dan Lapar! 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pas Sahur (38118)
Ilustrasi Rainbow Cake Foto: Tachjang/Shutterstock
Dessert khas dengan cita rasanya yang manis. Tahukah kamu, kalau makanan manis juga menyebabkan kehausan. Dikutip dari Health, Caroline Apovian, MD, profesor bagian endokrin, diabetes, dan nutrisi dari Boston University School of Medicine mengungkapkan, saat gula masuk ke dalam darah, air akan berpindah dari sel, dan ikut masuk ke dalam darah. Untuk mengembalikan keseimbangan darah kita.
Pada saat itu pula, sel yang kehilangan cairan pun mengirimkan sinyal ke otak, bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak air. Akibatnya, kita jadi mudah merasa haus.

3. Buah-buahan

Bikin Haus dan Lapar! 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pas Sahur (38119)
Ilustrasi Buah-buahan Foto: Shutterstock/Pixel-Shot
Siapa sangka makanan sehat ini ternyata tak membantu kita dalam menekan rasa lapar. Menurut seorang neurologist David Perlmutter, MD, bersertifikat, buah tak akan membantu menekan nafsu makan kita.
ADVERTISEMENT
“Kandungan fruktosa dan glukosa di dalamnya tak akan memberikan sinyal insulin, dan menyebabkan nafsu makan meningkat,” ungkapnya seperti dikutip dari Redbook.

4. Pizza

Bikin Haus dan Lapar! 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pas Sahur (38120)
Sliced Pizza Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sebuah riset yang dilakukan University of Michigan, pizza menempati urutan pertama sebagai makanan yang dapat memicu rasa ketagihan. Ini karena pizza terbuat dari bahan gurih; seperti keju dan daging, serta tekstur adonan yang lembut.
Hal tersebut membuat menyantap pizza akan meningkatkan kadar gula darah secara instan. Namun, saat gula darah turun, tubuh akan kembali lapar, sehingga terasa lebih nafsu dan menginginkan pizza lebih banyak.

5. Gorengan

Bikin Haus dan Lapar! 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pas Sahur (38121)
Ilustrasi gorengan Foto: dok.Shutterstock
Makan gorengan hangat-hangat yang masih renyah memang nikmat. Tapi siapa sangka, makanan yang digoreng dengan banyak minyak tersebut akan menyebabkan rasa kembung dan begah. Tak hanya itu, kandungan minyak di dalam gorengan akan membuat rasa haus meningkat di siang hari.
ADVERTISEMENT
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.