kumparan
Food & Travel17 Februari 2020 8:29

Bisa Melawan Kanker, Ini 6 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi daun sirih
Ilustrasi daun sirih. Foto: Shutter stock
Daun sirih dikenal sebagai tumbuhan yang kerap dikunyah untuk meningkatkan kesehatan gigi. Bukan itu saja, ekstrak daun sirih juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, daun yang tumbuh menjalar ini mengandung berbagai komponen yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti antioksidan. Kira-kira, apa saja manfaat daun sirih yang bisa kita dapatkan? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Membantu mengatasi diabetes

Ilustrasi diabetes
Ilustrasi diabetes. Foto: dok.shutterstock
Dauh sirih merah bisa menurunkan kadar gula darah, karena mengandung molekul aktif bernama tanin. Komponen tersebut bersifat antidiabetik.
Selain itu, alkaloid pada daun sirih juga bisa menurunkan tingkat gula darah, dengan menyerap glukosa yang ada dalam pencernaan.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Ilustrasi Daun Sirih
Ilustrasi Daun Sirih. Foto: Pixabay/Huahom
Stres oksidatif yang tinggi penyebab radikal bebas bisa memperlambat penyembuhan luka. Hal ini bisa berbahaya bagi penderita diabetes tipe 1.
Daun sirih mengandung polifenol yang termasuk dalam kategori antioksidan. Komponen ini meningkatkan aktivitas enzim pencegah radikal bebas.
ADVERTISEMENT
Sebuah riset yang dipublikasikan Journal of Ayuverda and Integrative Medicine menemukan, mengoleskan ekstrak daun sirih bisa mempercepat penyembuhan luka. Ekstrak tersebut dapat meningkatkan kandungan hydroxyproline, komponen utama kolagen pada tikus. Semakin banyak kolagen, penyembuhan luka dan regenerasi jaringan akan terjadi lebih cepat.

3. Meredakan gangguan pernapasan

com-Ilustrasi penyakit jantung.
Ilustrasi penyakit jantung. Foto: Shutterstock
Berdasarkan ilmu pengobatan tradisional, daun sirih bisa membantu meredakan batuk. Campuran jus daun sirih dan madu, dapat diberikan kepada anak-anak untuk menyembuhkan batuk berdahak. Selain itu, daun sirih juga diklaim dapat mengatasi bronkitis.

4. Melawan kanker

Ilustrasi kanker
Ilustrasi kanker. Foto: THINKSTOCK
Dilansir Style Craze, daun sirih mengandung antioksidan, antimutagen, dan antikanker. Komponen tersebut berguna dalam melawan karsinogen dari tembakau. Selain itu, kandungan dalam daun sirih juga bisa membunuh beberapa sel kanker tanpa memengaruhi sel-sel sehat.
ADVERTISEMENT

5. Meredakan sakit kepala

com-Sakit Kepala
Sakit Kepala. Foto: Shutterstock
Bila kamu sedang mengalami sakit kepala, daun sirih bisa membantu menyembuhkannya. Jenis daun ini memiliki komponen yang bisa mendinginkan, sehingga meredakan rasa sakit saat dioleskan dari luar.

6. Melancarkan pencernaan

sakit perut
Ilustrasi wanita yang mengalami endometriosis. Foto: shutterstock
Kebiasaan mengunyah daun sirih, rupanya bisa menstimulasi produksi air liur yang berguna dalam memecah enzim makanan, membuatnya lebih mudah dicerna tubuh.
Hal ini akan mengurangi tekanan dan meningkatkan efisiensi sistem pencernaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan