kumparan
8 Januari 2020 15:44

Diet Sirtfood, Rahasia Adele Turunkan Berat Badan hingga 22 Kilogram

Adele sebelum dan sesudah diet
Adele sebelum dan sesudah diet. Foto: Reuters/Mario Anzuoni dan Instagram/@adele
Baru-baru ini, penyanyi Adele bikin heboh dunia maya setelah foto-fotonya saat liburan di Anguilla, Karibia tersebar di media sosial. Dalam foto tersebut, penampilan Adele memang berubah drastis; jadi lebih langsing.
ADVERTISEMENT
Transformasi tubuh Adele ini sejatinya sudah terlihat sejak kemunculannya di acara Billboard Music Awards tahun 2016. Namun, perubahan yang drastis baru terlihat di awal tahun 2020 ini.
Dilansir Daily Mail, hingga saat ini, Adele telah berhasil menurunkan berat badan hingga 22 kilogram.
PTR, Adele sesudah diet
Adele sesudah diet. Foto: Instagram/@adele
Apa rahasianya?
Rupanya, pelantun lagu 'Someone Like You' ini menerapkan metode diet sirtfood, diiringi dengan pilates dan fitness rutin. Diet tersebut merupakan anjuran dari personal trainernya, Pete Geracimo, yang memang menggemari pola makan tersebut.
Sejatinya, diet sirtfood menekankan pada konsumsi makanan yang bisa mengaktifkan sirtuin --sejenis protein yang membantu mengatur metabolisme. Sirtuin juga diklaim dapat menekan nafsu makan.
Ilustrasi diet
Ilustrasi diet Foto: Thinkstock
Diet sirtfood pertama kali diciptakan oleh ahli nutrisi asal Inggris bernama Aidan Goggins dan Glen Matten. Buku mereka, 'The Sirtfood Diet', dipublikasikan di Amerika Serikat pada tahun 2017, meliputi perencanaan diet yang diklaim bisa menurunkan berat badan sebanyak tiga kilogram hanya dalam waktu tiga minggu.
ADVERTISEMENT
Mereka yang melakukan diet juga diklaim tak akan kehabisan energi, bahkan masih bisa menikmati makanan nikmat seperti cokelat, wine merah, hingga stroberi.
Kepopulerannya makin meroket setelah Pippa Middleton --saudara perempuan Kate Middleton-- juga sukses menurunkan berat badan usai menerapkan diet sirtfood. Bahkan, pola makan tersebut menempati urutan ketujuh dari jenis diet yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2019.
Cara kerja diet sirtfood
Dikutip dari SHAPE, berbagai jenis makanan yang disantap dalam diet sirtfood diklaim mengandung nurtisi yang bisa mengaktifkan 'gen kurus' bernama sirtuin. Menurut pencitpanya, gen kurus ini akan aktif saat terjadi kekurangan energi, setelah kita membatasi asupan kalori.
Ilustrasi jus kale
Ilustrasi jus kale Foto: Pixabay
Metode puasa dan pembatasan kalori yang inten sangat sulit dilakukan. Ini yang menyebabkan Goggins dan Matten mengembangkan pola makan mereka dengan berfokus kepada konsumsi makanan dalam kategori sirtfoods. Metode ini dipercaya dapat menstimulasi gen sirtuin lebih mudah, sehingga berujung pada penurunan berat badan, dan peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT

Setidaknya, ada 20 jenis makanan yang bisa disantap oleh mereka yang melakukan diet sirtfood. Di antaranya, adalah teh hijau, buah beri, bubuk cokelat, kunyit, kale, bawang bombay, parsley, arugula, cabai, kopi, wine merah, kacang walnut, kelopak bunga caper, dan minyak zaitun.

Sederet makanan tersebut mengandung komponen polifenol tertentu yang menurut studi bisa meningkatkan aktivitas sirtuin. Kita juga tak dilarang untuk mengonsumsi makanan tertentu selama menerapkan diet sirtfood.
Meski terdengar mudah, namun praktiknya cukup ketat. Diet sirtfood ini memiliki dua fase dengan total waktu tiga minggu. Setelahnya, kita bisa melanjutkannya dengan cara makan sirtfood sebanyak mungkin.
Ilustrasi teh hijau
Ilustrasi teh hijau Foto: Shutter Stock
Proses diet sirtfood
Untuk tiga hari pertama, kita hanya boleh mengonsumsi 100o kalori yang terdiri dari; satu porsi makanan berat sirtfood yang dianjurkan dalam buku (misalnya salmon dengan sayuran hijau, atau mi gandum dengan tahu dan sayuran), dan tiga minuman seperti matcha atau jus hijau kale.
ADVERTISEMENT
Lalu, empat hari setelahnya, jumlah asupan hariannya meningkat jadi 1500 kalori, dengan dua menu makanan berat sirtfood dan dua porsi jus.
Setelah tujuh hari, kita diperbolehkan untuk makan menu berat sirtfood sebanyak mungkin. Matten mengatakan, setelah melalui minggu pertama, diet ini sebaiknya juga diiringi dengan perubahan gaya hidup kecil-kecilan.
Jadikan metode diet sirtfood sebagai perubahan yang bertahap, bukan hanya mati-matian membatasi pola makan.
Kemudian, fase kedua berlangsung selama dua minggu. Tak ada batasan kalori yang diterapkan, namun kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berat sirtfood tiga kali sehari, ditambah dengan satu porsi jus sayuran. Lagi-lagi, menu makanan berat yang boleh disantap harus dibuat berdasarkan resep dalam buku tersebut.
Kacang walnut
Kacang walnut Foto: Pixabay
Kedua fase ini bisa dilakukan berulang kali, sampai kita mendapatkan berat badan yang diinginkan. Setelah dua fase tersebut selesai, kita juga disarankan untuk terus menyisipkan makanan sirtfood dan minum satu porsi jus sayuran setiap hari.
ADVERTISEMENT
Intinya, penerapan diet sirtfood ini bukan cuma untuk sekali waktu saja, tapi cenderung sebagai perubahan gaya hidup jadi lebih sehat. Itu juga yang membuat Adele menurunkan berat badannya hingga 22 kilogram, namun tetap bahagia menjalankannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan