Endeus Festival 2021 Angkat Tema Memajukan UMKM Indonesia

6 Desember 2021 15:02
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Endeus Festival 2021 Angkat Tema Memajukan UMKM Indonesia (147121)
zoom-in-whitePerbesar
Endeus Festival 2021 berlangsung selama 10 hari mulai 22 November 2021 Foto: Dok. Istimewa
Endeus Festival 2021 secara khusus menyasar sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mengusung tema “Empowering UMKM to Elevate Their Business” festival ini akan diselenggarakan selama 10 hari, mulai 22 November.
ADVERTISEMENT
Penyelenggaraan festival daring ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), subsektor kuliner di Indonesia menyumbang Rp 455,44 triliun, atau sekitar 41 persen dari total produk domestik bruto (PDB) kreatif yang mencapai Rp1.134,9 triliun pada tahun 2020.
Pencapaian ini terbentuk selama pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia hampir dua tahun. Kebiasaan baru pun muncul seiring dengan adanya pembatasan sosial yang mengharuskan kita di rumah saja. Mulai dari perubahan pola interaksi serba digital, hingga banyaknya hobi baru bermunculan yang tengah menjadi tren. Sebut saja salah satunya memasak.
Situasi dua tahun terakhir tanpa disadari membentuk pola hidup dan makan yang baru bagi keluarga. Banyak orang lebih memperhatikan makanan yang mereka konsumsi, sehingga memilih memasak sendiri agar lebih sehat dan higienis. Hobi memasak yang lahir dari situasi ini rupanya memberikan begitu banyak peluang untuk mengembangkan bisnis kuliner rumahan.
ADVERTISEMENT
Sudah bukan rahasia kegiatan memasak memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari alasan kesehatan hingga cocok sebagai ladang bisnis. Termasuk memunculkan usaha-usaha baru, salah satunya UMKM kuliner.
Melihat hal tersebut, maka tahun ini Endeus Festival 2021 memilih tema yang selaras guna membantu kemajuan bisnis UMKM di Indonesia.
“Kami melihat begitu banyak pelaku usaha kuliner rumahan baru mulai dan juga pelaku usaha sebelumnya menjadi makin maju,” ujar David Wayne Ika, Chief Executive Officer Endeus.tv dikutip dari rilis yang kumparanFOOD terima, Sabtu (4/12).
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Endeus Festival 2021 Angkat Tema Memajukan UMKM Indonesia (147122)
zoom-in-whitePerbesar
Tenant kuliner di Endeus Festival 2019. Foto: Toshiko/ kumparan
Berbagai kegiatan berbasis UMKM dan komunitas akan menghiasi serangkaian acara setiap harinya melalui kanal Endeus.tv. Dilengkapi juga dengan tayangan yang menyuguhkan berbagai inspirasi untuk para pemasak.
Mulai dari community review, live cooking show langsung dari Kudus, frugal cooking hand & pan, ratu dapur, mama cuan, kultur rasa, hingga #CobaCoba Nyocol. Hingga acara puncak yang akan digelar pada KASKUS TV dan live Instagram Endeus pada Jumat, 10 Desember 2021 pada pukul 13.00 sampai 18.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan Endeus Festival akan dibuka dengan talkshow inspiratif yang membahas mengenai “Prospek Kuliner Indonesia” bersama dengan Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama Smesco Indonesia dan Santhi Serad sebagai pakar kuliner Indonesia.
Selain itu, akan ada juga pembelajaran mengenai pemahaman bisnis kuliner dengan talkshow “Basic Culinary Business” yang akan membahas cara mencari dan menentukan ide bisnis bersama dengan Danu Sofwan selaku owner Es Teh Indonesia dan Raja Cendol, serta Andreas Resha, Co-founder dan COO Hangry.
Tak berhenti sampai di situ, festival ini juga menawarkan keseruan lain, yakni experience live cooking. Akan ada dua tema yang diusung; di antaranya live cooking “Bisnis Rumahan Korean Food Siap Jual” bersama Kecap Manis Indofood yang akan diramaikan oleh kehadiran Elisabeth Wang.
ADVERTISEMENT
Sementara, pada sesi live cooking kedua dengan tema “Elevatenation Kudus Cuisine” bersama Chef Steby dan 2 siswi dari SMK PGRI 2 Kudus. Endeus Festival ini juga menghadirkan promo seru flash sale serba Rp 10 ribu persembahan dari Kecap Manis Indofood dan Sambal Indofood. Adapula flash sale berbagai peralatan masak dari Modena dengan harga yang jauh lebih murah.
“Kami optimis dengan recovery yang terus terlihat di Indonesia, kami bersama dengan partner di dunia usaha kuliner dan pelaku usaha, tidak sabar untuk melanjutkan tren ini ke depannya dengan rangkaian acara dan program yang lebih besar dan dapat bertatap muka segera di berbagai kota di Indonesia,” tutup David.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Endeus Festival bisa cek di endeusfestival.com atau di akun Instagram @endeusfestival, ya!
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020