Food & Travel
·
29 Agustus 2020 12:27

FDA Beri Peringatan Bahaya Bakteri Salmonella pada Buah Persik Asal AS

Konten ini diproduksi oleh kumparan
FDA Beri Peringatan Bahaya Bakteri Salmonella pada Buah Persik Asal AS (27064)
buah persik Foto: Pixabay
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberi peringatan terkait bahaya buah persik yang mengandung bakteri telah tersebar di beberapa supermarket besar AS. Dilansir dari Eat This, FDA menyatakan ada enam nama pemasok buah persik yang bermasalah.
ADVERTISEMENT
FDA melarang konsumsi buah persik yang dipasok oleh Prima Wawona dari 1 Juni hingga 3 Agustus. Hal yang sama juga terjadi untuk buah persik kemasan Wawona dan Wawona Organic Peaches yang didistribusikan dari 1 Juni hingga 19 Agustus. Sedangkan, sumber salmonella dari empat pemasok buah persik lainnya belum diketahui.
Persik merupakan buah yang umum dan populer di pasaran AS. Buah yang mirip dengan apel dan aprikot ini diprediksi berasal dari negara China. Rasanya yang manis, tekstur lembut, serta banyaknya kandungan gizi membuat buah ini menjadi pilihan banyak orang.
Di samping segala kandungan positif, buah persik yang terkontaminasi bakteri ini telah menyebabkan puluhan korban. Pada 21 Agustus, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Pangan (CDC) mengumumkan 68 kasus salmonella dan 14 kasus rawat inap yang tersebar di sembilan negara bagian AS.
ADVERTISEMENT
Beberapa supermarket besar telah mengambil tindakan dengan menarik buah-buahan tersebut dari pasaran. Selain itu, supermarket populer lain juga merilis 3.300 lokasi yang menjual buah persik tersebut. Namun, daftar pengecer yang menjual buah persik Wawona ini sampai ke supermarket nasional dan regional.
FDA Beri Peringatan Bahaya Bakteri Salmonella pada Buah Persik Asal AS (27065)
Ilustrasi Buah Peach Foto: Shutterstock/New Africa
Melihat hal tersebut, Wawona sendiri melakukan penarikan produk-produk buah persiknya.
“Kami melakukan penarikan (buah persik) dengan FDA untuk mempertimbangkan kesejahteraan dan keselamatan konsumen kami," ungkap George Nikolich, Wakil Presiden Teknis Operasional Wawona, dikutip dari Eat This.
Jika kamu terlanjur makan buah persik yang terkontaminasi, kamu boleh memperhatikan tanda-tanda penyakit salmonella seperti demam, diare, mual, muntah-muntah atau sakit perut. Kalau sudah begini, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit atau klinik terdekat.
ADVERTISEMENT
Reporter: Natashia Loi