kumparan
4 November 2018 9:16

Foto: Aneka Olahan Ikan yang Diberikan Susi untuk Santri

Ikan , Pondok Pesantren Darussalam, Banyuwangi
Tumpeng dari ikan sebagai simbolis pemberian bantuan 3 ton dari Menteri KKP, Susi Pudjiastuti ke Pondok Pesantren Darussalam, Banyuwangi, (Foto: Jafri Anto/kumparan)
Kampanye makan ikan ala Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terus dikumandangkan demi meningkatkan pemenuhan gizi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kumparan menggelar acara ‘Teman kumparan: Makan Ikan Bersama Santri’ edisi makan 10 ton ikan bersama 25 ribu santri di Jawa Timur yang saat ini memasuki hari terakhir.
ADVERTISEMENT
10 ton ikan makarel yang diberikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diolah menjadi berbagai masakan di setiap pesantren. Di kota pertama yaitu Probolinggo, ikan yang diberikan diolah dengan cara digoreng dan diberi bumbu merah. Selain itu, di Situbondo warga menggoreng ikan tersebut dan diberi bumbu Bali dan kecap. Sedangkan di Banyuwangi yang menjadi kota ketiga, ikan diolah menjadi ikan goreng dan juga diolah menjadi pepes ikan.
Ikan bumbu merah di Probolinggo
Ikan bumbu merah di Probolinggo. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Ikan bumbu Bali di Situbondo
Ikan bumbu Bali di Situbondo. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Ikan goreng
Ikan goreng. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Pepes ikan
Pepes ikan. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Kota Pasuruan yang menjadi persinggahan terakhir acara makan ikan bersama dengan Menteri Susi, menyajikan ikan dengan cara digoreng dan diberi sambal yang juga dapat ditambah dengan lalapan sehingga makan ikan menjadi lebih nikmat.
Ikan goreng dengan lalapan dan nasi
Ikan goreng dengan lalapan dan nasi. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Namun selain empat menu olahan ikan diatas, ikan dari KKP juga bisa diolah menjadi botok yang dicampur udang dan dikukus.
Ikan olahan botok
Ikan olahan botok. (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Acara makan ikan bersama santri merupakan kolaborasi antara kumparan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), BNI, dan Jatimnow. Acara ini juga masih dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober guna meningkatkan konsumsi ikan para santri.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan