Food & Travel
·
22 November 2020 13:28

Hati-hati Berat Badan Naik, Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Saat Liburan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hati-hati Berat Badan Naik, Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Saat Liburan (120446)
com-Ilustrasi makan bareng Foto: Shutterstock
Bertambahnya berat badan selama musim liburan adalah hal yang normal. Apalagi ketika membayangkan piring berisi deretan makanan enak bikinan keluarga, bisa-bisa kita menambah porsi santapan setiap saat. Alasan lain, adalah karena liburan akhir tahun hanya datang setahun sekali, maka memanjakan diri dengan makan enak menjadi pilihan yang tepat.
ADVERTISEMENT
Kalau sudah kalap begini, biasanya masalah berat badan pun datang. Namun, tenang saja, kamu tidak perlu takut berat badan naik asal kamu tahu cara tepat menyiasati pola makan saat liburan tanpa menyiksa diri.
Mengutip Eat This, berikut 5 tips menjaga pola makan saat liburan yang bisa membantu kamu menghindari penambahan berat badan —ssst...terutama lemak di perut.

1. Makan buah dan sayuran

Hati-hati Berat Badan Naik, Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Saat Liburan (120447)
Ilustrasi buah dan sayur-mayur untuk MPASI Foto: Shutterstock
Di antara sajian kue dan camilan yang kamu konsumsi, jangan lupa untuk tetap makan buah dan sayuran. Mengisi piring dengan buah-buahan dan sayuran segar berguna untuk membantu memastikan kamu masih mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.
Kombinasikanlah pilihan buah dan sayuran agar lebih berwarna-warni. Dengan begitu, kamu masih bisa mendapatkan manfaat nutrisi yang umumnya hanya tersedia dalam jenis produk segar. Saat makan makanan merah —seperti tomat— berarti kamu mengonsumsi likopen yang meningkatkan kesehatan jantung. Sedangkan makanan dengan warna biru dan ungu —blueberry misalnya— bisa meningkatkan daya ingat dan menurunkan tekanan darah.
ADVERTISEMENT

2. Hanya memilih makanan favorit

Hati-hati Berat Badan Naik, Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Saat Liburan (120448)
Ilustrasi memakai masker saat makan di luar Foto: dok.Shutterstock
Memilih makanan yang kamu suka bukanlah hal buruk. Jika kamu tidak menyukai lauk tertentu, maka jangan mengonsumsinya agar tak mubazir, dan beri ruang bagi makanan yang benar-benar kamu suka.
Dengan cara ini, kamu cenderung tidak akan makan secara berlebihan —karena kamu tidak akan makan makanan yang tidak diinginkan. Jadi, kamu hanya akan makan sepiring makanan favoritmu saja, itu sudah cukup.

3. Luangkan waktu untuk bergerak

Hati-hati Berat Badan Naik, Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Saat Liburan (120449)
com-Ilustrasi olahraga yang dibarengi konsumsi susu. Foto: Shutterstock
Liburan panjang adalah waktu tepat untuk beristirahat, atau sebagian orang justru malah tertarik menghabiskannya dengan berolahraga. Memang benar, kamu perlu menyisihkan waktu untuk berolahraga atau setidaknya melakukan suatu aktivitas agar tak hanya rebahan. Bisa dengan jalan santai, menari, kelas yoga virtual, workout di rumah —intinya temukan aktivitas fisik yang kamu sukai, dan bergeraklah setiap hari.
ADVERTISEMENT

4. Jangan melewatkan makan

Hati-hati Berat Badan Naik, Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Saat Liburan (120450)
Ilustrasi memilih makan atau tidur Foto: dok.shutterstock
Beberapa orang kerap melewatkan waktu makan yang semestinya, demi makan besar di satu waktu saja. Tahukah, kamu? Kebiasaan makan seperti ini hanya akan membuatmu cenderung makan berlebihan.
Health Harvard menyarankan untuk kamu makan sesuai jamnya, dengan sedikit camilan ringan sebelum menghadiri acara makan. Trik ini bisa membantu kamu menghindari makan berlebihan nanti saat acara keluarga nanti.

5. Pola makan mindful eating

Hati-hati Berat Badan Naik, Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Saat Liburan (120451)
Ilustrasi mindful eating Foto: Shutterstock
Walau tidak mampu menjamin akan mengurangi berat badan, pola makan ini tengah meraih kepopulerannya di dunia kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Konsep mindful eating adalah pola makan di mana kamu mendengar keinginan tubuh secara benar-benar sadar. Sehingga, tahu betul kapan kamu harus makan dan berhenti.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kamu juga akan merasa lebih sadar akan porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh —memberimu rasa seimbang dari dalam maupun luar.