kumparan
search-gray
Food & Travel7 Januari 2018 11:42

Hati-hati, Sering Konsumsi Alkohol Bisa Sebabkan Kanker

Konten Redaksi kumparan
Hati-hati, Sering Konsumsi Alkohol Bisa Sebabkan Kanker (39248)
Alkohol dapat menyumbat pembuluh darah. (Foto: Thinkstock)
Alkohol sering dikonsumsi untuk berbagai alasan seperti menambah energi dan menghangatkan badan. Bahkan di beberapa negara, minum alkohol telah menjadi suatu kebudayaan yang berguna untuk menambah relasi dan mempererat pertemanan.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, alkohol bersifat memabukkan dan juga dapat mendatangkan kerugian bagi tubuh jika terlalu sering dikonsumsi.
Dilansir dari The Daily Meal, organisasi American Society of Clinical Oncology (ASCO) memberi imbauan untuk membatasi konsumsi alkohol karena dapat meningkatkan risiko kanker.
Hati-hati, Sering Konsumsi Alkohol Bisa Sebabkan Kanker (39249)
Hindari alkohol. (Foto: Pixabay)
Memperkuat imbauan dari ASCO, penelitian yang dilakukan para peneliti dari Cambridge University menyebutkan bahwa kandungan alkohol dalam minuman dapat menyebabkan kerusakan sel-sel induk. Hal ini tentu membuat sel-sel kanker bermutasi lebih cepat.
"Penelitian membuktikan bahwa etanol pada alkohol menyebabkan kerusakan DNA termasuk sel-sel induk penting yang memproduksi jaringan tubuh," ujar seorang peneliti, Ketan Patel.
Hati-hati, Sering Konsumsi Alkohol Bisa Sebabkan Kanker (39250)
Bahaya Minuman Alkohol Bagi Anak (Foto: Pixabay)
Tidak berhenti di situ saja, peneliti juga menemukan adanya asetaldehida yang merupakan produk pecahan alkohol pada DNA tikus yang telah disuntikkan cairan alkohol. Asetaldehda ini akan memberi efek racun pada tubuh karena rusaknya DNA.
ADVERTISEMENT
Meski perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menangkal efek buruk kerusakan sel, para peneliti menyarankan untuk menghindari konsumsi alkohol agar risiko terkena kanker dan penyakit lain yang disebabkan karena kerusakan sel dapat dihindari.
Sebaiknya perbanyak konsumsi air putih agar racun dalam tubuh larut bersama dengan air. Yuk, sayangi tubuhmu dengan menerapkan gaya hidup sehat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white