kumparan
23 September 2019 12:04

Jaga Kesehatan Jantung sampai Kekebalan Tubuh, Simak 5 Manfaat Pomelo

Ilustrasi pomelo Foto: dok.shutterstock
Pomelo diketahui sebagai jeruk terbesar di dunia. Dahulu buah ini dikenal dengan sebutan 'jeruk bali'. Nama buah berdaging merah muda ini diganti sebutannya oleh Departemen Pertanian karena memang sebenarnya jeruk ini bukan berasal dari Bali; melainkan tumbuh tersebar di Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Di balik ukurannya yang besar, buah ini menyimpan segudang nutrisi; seperti vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, buah bernama ilmiah Citrus maxima ini juga mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat baik untuk kesehatan.
Apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi pomelo? Simak ulasan berikut.
1. Menjaga sistem peredaran darah di jantung
Ilustrasi kesehatan jantung Foto: dok.shutterstock
Melansir dari jurnal Nutrients tahun 2014, mengonsumsi buah tinggi antioksidan seperti Citrus maxima, dapat menjaga endotel --sel yang melapisi sistem peredaran darah di jantung hingga kapiler terkecil. Dengan begitu, kesehatan jantung otomatis juga terjaga dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.
2. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Ilustrasi flu Foto: Shutter Stock
Setiap buah pomelo mengandung sekitar 600 persen dari kebutuhan vitamin C harian kita. Menurut United States Department of Agriculture, sumber vitamin C yang ada di dalam pomelo sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat di Asia Tenggara sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.
ADVERTISEMENT
Vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang menjadi pelindung tubuh dari virus, penyakit, maupun radikal bebas. Nah, tak ada salahnya menikmati sebuah pomelo setiap hari guna menjaga tubuh dari flu, batuk, demam, maupun gejala penyakit lainnya.
3. Makanan diet
Rujak udang jeruk Bali. Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Melansir jurnal PubMed tahun 2008, pomelo mengandung enzim pembakar lemak bernama carnitine palmitoyl-transferas e yang jarang ditemukan dalam buah-buahan lainnya. Enzim ini tersedia dalam jumlah yang banyak sehingga jeruk asam, manis, dan sedikit pahit ini jadi makanan diet yang ampuh.
4. Mencegah kram
Menghilangkan Kram Kaki pada Ibu Hamil Foto: Dok.Pixabay
Dalam Quarterly Journal of Experimental Physiology kekurangan kalium atau potasium dapat menyebabkan otot kram, pegal-pegal, hingga kesemutan. Jika sudah begini, kamu bisa mengonsumsi pomelo sebagai buah pencegah ketiganya karena memiliki banyak kalium di dalamnya.
ADVERTISEMENT
5. Mencegah penuaan
Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan goji berry. Foto: Shutterstock
Kebanyakan perempuan yang memasuki usia 40 tahun kerap khawatir ketika tanda-tanda penuaan di wajah muncul. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan pomelo yang mengandung antioksidan untuk mencegahnya.
International Research Journal of Pharmacy tahun 2012 telah membuktikan dalam penelitiannya, bahwa keriput, kulit kendur, dan bintik-bintik hitam bisa diatasi dengan mengonsumsi pomelo.
Pomelo juga mengandung spermidine, bahan kimia langka yang sebenarnya ditemukan dalam sperma manusia, yang telah dikaitkan erat dengan sifat anti-penuaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan