kumparan
search-gray
Food & Travel2 Juni 2020 22:07

Jangan Cuma Asal Kenyang, Ini 5 Tanda Kalau Pola Makanmu Kurang Bernutrisi

Konten Redaksi kumparan
Jangan Cuma Asal Kenyang, Ini 5 Tanda Kalau Pola Makanmu Kurang Bernutrisi (66127)
Ilustrasi perempuan yang tidak suka pola makan vegetarian Foto: Shutterstock
Makan tak hanya dilakukan untuk menciptakan rasa kenyang dan memberikan energi, namun juga menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa nutrisi yang mencukupi, sistem tubuh kita tak akan bisa bekerja secara maksimal, bahkan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.
ADVERTISEMENT
Tapi, bagaimana kita bisa tahu kalau tubuh kekurangan nutrisi, dan pola makan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata tak baik bagi tubuh? Sadar atau tidak, tubuh kita akan memberikan sinyal sebagai tanda ketika salah mengonsumsi, termasuk saat kekurangan asupan nutrisi.
Berikut ini telah kumparan rangkum, lima tanda yang menunjukkan kalau pola makanmu kurang bernutrisi, di antaranya:

1. Merasa kembung

Jangan Cuma Asal Kenyang, Ini 5 Tanda Kalau Pola Makanmu Kurang Bernutrisi (66128)
Ilustrasi seorang perempuan sedang mengalami perut kembung Foto: Shutterstock
Timbulnya rasa kembung adalah salah satu tanda paling jelas kalau tubuh kita tak bereaksi dengan baik ketika menerima asupan suatu makanan. Misalnya saja, ketika kita mengonsumsi makanan yang terlalu tinggi sodium, atau mengandung terlalu banyak gas.
Bila merasa tiba-tiba kembung, sebaiknya ingat-ingat kembali makanan apa yang barusan kamu santap, dan evaluasi supaya kita tak lagi mengalami gangguan pencernaan ini lagi.
ADVERTISEMENT

2. Tak bisa tidur nyenyak

Jangan Cuma Asal Kenyang, Ini 5 Tanda Kalau Pola Makanmu Kurang Bernutrisi (66129)
Ilustrasi Insomnia Foto: Shutterstock
Sebuah studi berjudul Fiber and Saturated Fat Are Associated with Sleep Arousals and Slow Wave Sleep menunjukkan, pola makan yang rendah serat dan tinggi lemak jenuh serta gula bisa mengurangi kualitas tidur. Nah, saat kamu sering sulit tidur, bisa jadi pola makanmu bermasalah.
Coba tambahkan asupan makanan kaya serat, seperti kacang polong, biji chia, buah beri, ubi, apel, dan alpukat.

3. Sering moody

Jangan Cuma Asal Kenyang, Ini 5 Tanda Kalau Pola Makanmu Kurang Bernutrisi (66130)
Ilustrasi bad mood Foto: Shutterstock
Dilansir Eat This Not That, suasana hati yang tak menentu alias moody juga bisa jadi tanda kalau makanan yang kita santap kurang bernutrisi. Beberapa penelitian yang menunjukkan, makanan yang terlalu banyak mengalami proses pengolahan bisa memengaruhi pencernaan dan keseluruhan mood kita.
ADVERTISEMENT
Supaya suasana hati tetap stabil, imbangi dengan konsumsi makanan yang tinggi folat seperti blueberry, brussels sprouts, dan pisang.

4. Selalu merasa lapar

Jangan Cuma Asal Kenyang, Ini 5 Tanda Kalau Pola Makanmu Kurang Bernutrisi (66131)
Ilustrasi makan di sofa Foto: dok.Shutterstock
Ketika kamu merasa lapar padahal baru saja makan sejam yang lalu, bisa jadi makananmu tak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara paling mudah untuk mengevaluasi rasa laparmu adalah dengan memperhatikan apa yang kamu rasakan satu jam setelah makan. Tulis makanan yang membuatmu merasa kenyang, dan pisahkan dengan yang bisa memicu semakin lapar.
Biasanya, makanan tinggi karbohidrat atau mengandung banyak gula selalu membuatmu merasa lebih lapar usai menyantapnya. Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein serta lemak sehat.

5. Sering sembelit

Jangan Cuma Asal Kenyang, Ini 5 Tanda Kalau Pola Makanmu Kurang Bernutrisi (66132)
Ilustrasi sembelit Foto: Muhammad Faisal/kumparan
Pola makan yang kita konsumsi jelas berpengaruh pada kondisi buang air besar. Bila kita tak mengonsumsi cukup serat, gangguan pencernaan seperti sembelit akan menghantui, membuat kita kesulitan untuk BAB.
ADVERTISEMENT
Kalau sudah begini, sebaiknya mulai perbaiki pola makanmu, dan tambahkan lebih banyak buah-buahan, sayuran, serta makanan kaya serat lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white