Food & Travel
·
6 September 2020 12:00

Jangan Pakai Pisau, Ini Cara Membersihkan Bunga Es Pada Freezer Kulkas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jangan Pakai Pisau, Ini Cara Membersihkan Bunga Es Pada Freezer Kulkas (131548)
Ilustrasi freezer Foto: Unsplash/ Dev
Kulkas menjadi salah satu elektronik penting untuk melengkapi sebuah dapur. Fungsi utamanya adalah menjadi tempat menyimpan bahan makanan agar bisa tahan lama. Untuk membuat fungsinya tetap berjalan baik, kulkas pun membutuhkan perawatan. Apalagi pada bagian freezer yang kerap diselimuti bunga es.
ADVERTISEMENT
Beberapa orang mengosongkan kulkas dan mematikan listrik sebagai salah satu cara membersihkan bunga es. Namun, sebenarnya bunga es dalam freezer masih bisa kamu bersihkan tanpa perlu mematikan kulkas terlebih dahulu.
Dilansir Self, Becky Rapinchuck, pendiri Clean Mama menyarankan untuk memilih alat yang tepat, waktu yang terjadwal, dan beberapa trik untuk membersihkan lemari es dengan cara lebih efektif.
Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini, agar kamu dapat membersihkan bunga es dan merawat kulkas dengan cara yang tepat.

1. Cegah bunga es menumpuk di freezer

Jangan Pakai Pisau, Ini Cara Membersihkan Bunga Es Pada Freezer Kulkas (131549)
Ilustrasi makanan di dalam freezer. Foto: Shutter Stock
Sebelum es menumpuk dan menjadi masalah bagi kulkas, lebih baik melakukan pencegahan dengan pengecekan rutin. Rapinchuck mengatakan, hal tersebut terjadi karena orang terlalu sering dan terlalu lama membuka tutup kulkas.
ADVERTISEMENT
Namun berkat perkembangan teknologi, beberapa lemari es modern kini dirancang untuk mencegah pembentukan es yang terlalu banyak. "Es tidak menumpuk seperti dulu pada model (kulkas) lama yang kurang efisien," jelas Rapinchuck.

2. Lakukan pemeriksaan rutin

Jangan Pakai Pisau, Ini Cara Membersihkan Bunga Es Pada Freezer Kulkas (131550)
Ilustrasi membersihkan kulkas Foto: Shutter Stock
Cek kondisi kulkas secara berkala setiap bulan agar tak tampak noda-noda atau kotoran yang menempel. Rapinchuck juga menyarankan orang untuk membersihkan kulkas setidaknya dua kali dalam setahun. Semakin sering membersihkan kulkas, semakin baik.

3. Gunakan kain dengan air hangat dan sabun

Jangan Pakai Pisau, Ini Cara Membersihkan Bunga Es Pada Freezer Kulkas (131551)
Ilustrasi membasuh dengan air hangat. Foto: Shutter Stock
Jika butuh untuk membersihkan kulkas dengan mencairkan bunga es, lebih baik hindari untuk mematikan listrik kulkas. Rapinchuck menyarankan kamu untuk menggunakan kain hangat dan air sabun, lalu bersihkan hingga es mencair.
Saat bersiap untuk membersihkan kulkas, keluarkan semua barang dalam lemari es agar noda yang tersembunyi pun bisa terlihat. Kamu juga dapat menggunakan penyedot debu dan lap untuk membersihkan setiap sisi pada rak kulkas.
ADVERTISEMENT

4. Keringkan rak yang sudah dibersihkan

Jangan Pakai Pisau, Ini Cara Membersihkan Bunga Es Pada Freezer Kulkas (131552)
Ilustrasi membersihkan kulkas Foto: Shutter Stock
Jika sudah membersihkan rak dengan lap hangat dan sabun, pastikan untuk mengeringkan terlebih dahulu sebelum memasukkannya kembali ke dalam kulkas. Hal ini menjaga agar tidak muncul es sisa air pada lap.
Selanjutnya, coba buka sebentar pintu kulkas untuk mengeluarkan bau lembap sehingga sirkulasi dalam lemari es tetap terjaga baik.

5. Tata bahan makanan dalam kulkas dengan rapi

Jangan Pakai Pisau, Ini Cara Membersihkan Bunga Es Pada Freezer Kulkas (131553)
Ilustrasi membekukan makanan di dalam freezer Foto: Shutterstock
Untuk menjaga kulkas tetap bersih, Rapinchuck juga menyarankan untuk menata barang dalam kulkas dengan rapi. Kamu bisa menggunakan keranjang dan kotak yang tidak membeku untuk menyimpan barang-barang.
Dengan begitu, barang-barang seperti daging tidak akan mencemari buah atau sayuran beku. Biasanya, Rapinchuck juga menyimpan sekotak soda kue terbuka di salah satu rak untuk menyerap bau dalam kulkas.
ADVERTISEMENT