Food & Travel
·
25 Juli 2021 14:57
·
waktu baca 2 menit

Jeff Bezos Donasi Rp 1 Triliun untuk Chef Jose Andres dan World Central Kitchen

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jeff Bezos Donasi Rp 1 Triliun untuk Chef Jose Andres dan World Central Kitchen (161197)
searchPerbesar
Jeff Bezos (tengah) berdiri bersama Chef Jose Andres (kiri) dan Van Jones, pendiri Dream Corps, setelah mengumumkan penghargaan $100 juta untuk proyek mereka yang membantu kemanusiaan pada 20 Juli 2021 di Van Horn , Texas. Foto: Getty Images
Nama miliarder Jeff Bezos akhir-akhir ini begitu menyita perhatian publik. Usai meluncurkan roket pribadi beberapa waktu lalu, sekarang ia kembali menggelar acara penghargaan. Dalam acara tersebut, salah satu penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap organisasi pangan di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Melalui konferensi pers yang digelar Rabu (21/7), Bezos menyatakan bahwa ia memberikan penghargaan khusus kepada Chef Jose Andres beserta organisasinya. Juru masak selebriti asal Spanyol itu dikenal sebagai pendiri World Central Kitchen (WCK).
Andres telah berkarier bersama organisasi tersebut sejak tahun 2010. Tujuannya membuat World Central Kitchen adalah untuk memasok makanan khusus korban bencana alam. Dirinya menjadi pemasok utama ketika bencana gempa bumi Haiti, ledakan ekstrem di Lebanon, sampai membantu karantina awak kapal Diamond Cruises yang terdampak virus corona.
Mengutip Food and Wine, Andres beserta WCK dianugerahi penghargaan Courage and Civility Award. Tidak tanggung-tanggung, selain mendapat penghargaan, Bezos juga menyumbang uang tunai dengan jumlah fantastis. Sebesar 100 juta dolar Amerika atau setara Rp 1,4 triliun telah ia donasikan pada WCK.
ADVERTISEMENT
Menurut Bezos, organisasi WCK benar-benar menyatukan masyarakat. Jarang sekali ada organisasi yang menaruh fokus dalam membantu pasokan makanan untuk korban bencana alam. Ia menilai WCK berani melakukan aksi konsisten dalam memberi makanan untuk para korban bencana alam.
Sedari awal berdiri, Jose Andres selaku pendiri organisasi ini melakukan sistem distribusi makanan yang cukup menarik. Ia dan tim menyediakan ratusan makanan yang dikemas di piring maupun kemasan praktis. Cara ini membuat memudahkan para korban untuk mendapatkan asupan yang sama rata tiap porsinya.
“Sepiring atau seporsi makanan adalah sepiring harapan pula bagi mereka. Ini cara tercepat dan terbaik untuk menghidupkan kembali semangat para korban dan membantu mereka bangkit lagi. Dengan menerima penghargaan ini menjadi sebuah awal atau babak baru juga bagi kami,” ujar Jose Andres.
ADVERTISEMENT
Andres dan pihak WCK sangat bersyukur atas pencapaian yang mereka peroleh. Ke depannya, sangat memungkinkan bila mereka akan menciptakan inovasi bantuan baru.
“Kami yakin akan ada tantangan lainnya, maka dari itu kami berpikir untuk bisa melampaui batas yang ada. Semuanya dilakukan untuk menyelamatkan para korban dan mengatasi kelaparan di waktu yang sangat darurat,” lanjut Andres.
Jeff Bezos Donasi Rp 1 Triliun untuk Chef Jose Andres dan World Central Kitchen (161198)
searchPerbesar
Jeff Bezos membunyikan bel sebelum naik ke atas roket New Shepard Blue Origin di Van Horn, Texas, AS. Foto: Blue Origin/via REUTERS
Rencananya, di waktu dekat World Central Kitchen akan menggandakan bantuan makanan. Mereka akan memperbanyak pengiriman makanan ke wilayah terdampak.
“Kami akan siap sedia di mana pun bencana itu terjadi. WCK hadir untuk memerangi kelaparan, berbagi makanan yang melimpah pada korban,” kata laki-laki berusia 52 tahun itu.
Meski Bezos memberi kebebasan pada Andres dalam menggunakan donasi yang diberikannya; tetapi, Andres hanya memiliki satu tujuan untuk memanfaatkan semua uang tersebut. Dirinya mengaku akan terus berkomitmen memberi bahan pangan terbaik untuk orang sekitar, memperlihatkan pada dunia kalau korban bencana alam juga mampu mendapat makanan yang layak konsumsi.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020