Food & Travel
·
3 Desember 2020 18:57

Kata Ahli soal Kunci Sukses Diet Flexitarian: Jalani Rumus Pola Makan 3-4-5

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kata Ahli soal Kunci Sukses Diet Flexitarian: Jalani Rumus Pola Makan 3-4-5 (435934)
Ilustrasi vegetarian Foto: dok.shutterstock
Kebanyakan dari kita memahami bahwa diet merupakan jalan untuk mendapatkan bobot tubuh ideal. Padahal, sejatinya, diet merupakan cara untuk mengatur pola makan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Diet enggak melulu soal mendapatkan tubuh langsing, lho, tapi juga untuk menjaga fungsi kinerja organ kita.
ADVERTISEMENT
Salah satu diet yang sedang digemari adalah flexitarian. Pada dasarnya, diet ini tergolong dalam jenis pola makan vegetarian. Bisa dikatakan, merupakan tingkatan pertama atau terendah dalam golongan vegetarian.
Sesuai namanya, menurut ahli gizi Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, saat mengisi acara webinar "Flexitarian: Sustaining the Healthy Habits with Real Food" yang diadakan Re.Juve, Kamis (3/12), flexitarian memiliki pengertian fleksibel dalam bervegetarian.
Kata Ahli soal Kunci Sukses Diet Flexitarian: Jalani Rumus Pola Makan 3-4-5 (435935)
Ilustrasi vegetarian Foto: dok.shutterstock
"Diet ini muncul karena ada kecenderungan masyarakat global kurang dalam mengonsumsi buah dan sayur. Maka diet flexitarian ini mirip dengan pola gizi seimbang yang dicanangkan Kemenkes. Harus makan beraneka ragam, mengutamakan pangan nabati; seperti buah, sayuran, kacang-kacangan dan turunan olahannya, susu, keju, gandum asli, biji-bijian asli, dan serealia utuh," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, dalam menjalankan pola makan ala flexitarian sebenarnya sama saja dengan makan sehari-hari. Hanya saja, membantu kita membatasi serta menahan untuk mengonsumsi makanan agar tak berlebihan.

Kunci sukses diet flexitarian, jalani pola makan 3-4-5

Kata Ahli soal Kunci Sukses Diet Flexitarian: Jalani Rumus Pola Makan 3-4-5 (435936)
Diet intermittent fasting untuk mengatur pola makan. Foto: Shutterstock
Meski tak seketat diet lainnya, menjalankan pola makan flexitarian juga ada aturannya, lho. Ini dilakukan agar dietmu tak sia-sia.
Doktor Rita mengungkapkan, bila kamu pengin sukses menjalankan diet ini, tipsnya adalah jalani pola makan 3-4-5; yakni 300 kalori di pagi hari, 400 kalori siang hari, dan 500 kalori pada malam hari. Sebagai selingan, kamu boleh ngemil buah dan sayur, atau makanan lain dengan jumlah 150 kalori.
Sehingga, bila ditotal rumus makan untuk flexitarian ini mampu menyumbang 1.350 kalori per hari; mendekati angka kebutuhan normal akan gizi seimbang rata-rata orang yakni 1.500 kalori.
ADVERTISEMENT
Meskipun memiliki rumus makan tersendiri, namun Doktor Rita mengingatkan untuk menyesuaikan kembali dengan kebutuhan gizi masing-masing tubuh.
"3-4-5 ini boleh disesuaikan lagi, 500 kalori makan malam biasanya orang takut gemuk. Enggak akan bikin gemuk, yang penting kalorinya dipakai, jangan disisakan. Enggak akan masalah karena totalnya tetap 1.500 kalori sesuai kebutuhan normal, kok," tambahnya.
Dengan begitu, rumus 3-4-5 bisa kamu praktikkan sebagai kunci mengontrol selama menjalankan diet ini. Jangan lupa, untuk imbangi diet dengan olahraga serta minum air putih yang banyak, ya.