kumparan

Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Bibir Sehat dan Lembab saat Berpuasa

com-Ilustrasi sayuran segar
com-Ilustrasi sayuran segar Foto: Shutterstock
Saat berpuasa, kita tidak akan mengkonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Hal ini bisa menyebabkan tubuh jadi dehidrasi atau kekurangan cairan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, minimnya asupan cairan saat puasa juga bisa membuat bibir kita rentan kering dan pecah-pecah. Meski terlihat sepele, namun bila dibiarkan tentu akan mengganggu kesehatan dan penampilan.
Tenang, kamu bisa menjaga bibir agar bibir tetap lembab dan sehat selama puasa dengan mengkonsumsi makanan tertentu, lho. Berbagai makanan ini mengandung nutrisi yang bisa menghidrasi bibir.
Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya:
1. Salmon
Sate Salmon
Salmon. Foto: Shutter Stock
Mengutip dari The Health Site, ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dengan komponen anti inflamasi. Anti inflamasi ini berfungsi untuk mencegah ‘kekeringan’ pada tubuh. Selain itu, selenium pada salmon juga bisa mengeluarkan racun pada kulit dan menjaganya tetap awet muda.
2. Flaxseeds
flaxseed
ilustrasi flaxseed Foto: Shutterstock
Flaxseeds kaya akan omega-3 yang bisa membantu kulit bibir agar tetap lembab. Omega-3 juga berfungsi memperbaiki membran sel, yang bisa menyembuhkan bibir pecah-pecah
ADVERTISEMENT
3. Timun
Ilustrasi timun
Ilustrasi timun Foto: Pixabay
Mengkonsumsi timun bisa membantu bibir kita tetap terhidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. Timun juga mengandung komponen silica yang bisa meningkatkan elastisitas kulit.
4. Sayuran hijau
bayam
Bayam Foto: Pixabay
Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit dan bibir lebih halus. Untuk menambah asupan vitamin C, perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan selada.
5. Gandum utuh
com-Gandum
com-Gandum Foto: Shutterstock
Agar bibir tetap halus dan lembab, tubuh kita perlu mengganti sel kulit lama secara rutin. Salah satu nutrisi yang diperlukan dalam regenerasi sel ini adalah vitamin B. Untuk mendapat asupan vitamin B yang cukup, cobalah menyisipkan gandum utuh sebagai menu sahur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan