Food & Travel
·
12 Oktober 2020 16:04

Mencoba Dessert Kunefe Berisi Lelehan Keju dan Baklava Legit ala Timur Tengah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mencoba Dessert Kunefe Berisi Lelehan Keju dan Baklava Legit ala Timur Tengah (35684)
Kunefe isi keju, dessert khas Timur Tengah Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Dessert memang selalu sukses memanjakan lidah, terutama ketika sedang penginnya makan makanan manis. Jenis dessert yang juga beragam dengan tampilan menarik kerap menggoyahkan iman. Misalnya saja ketika melihat kunefe dengan isian keju yang meleleh. Hmm bikin pengin makan, kan?
ADVERTISEMENT
Dessert ala Turki ini bisa kamu temukan di salah satu patisserie bernama Mardin. Tempat makan yang berlokasi di Cipinang ini punya aneka dessert yang sukses membuat banyak orang ngiler.
Terutama, kunefe yang menggunakan keju asal Timur Tengah bernama akkawi --teksturnya mirip mozzarella. Kemudian, sebagai pelapis, keju tersebut diselimuti kadayif --kulit pastry yang diiris tipis-tipis hingga menyerupai bihun. Selanjutnya bahan tersebut dipanaskan sekitar lima menit hingga berbuah warna ke-emasan. Sebagai penambah rasa, kunefe diberi siraman cairan gula dan taburan cacahan pistachio.
Mencoba Dessert Kunefe Berisi Lelehan Keju dan Baklava Legit ala Timur Tengah (35685)
Kunefe, dessert khas Timur Tengah Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Ketika kumparan mencicipi, makanan berdiameter 13 sentimeter itu punya rasa dominan manis dengan sedikit gurih dan harum butter. Sementara kejunya terasa lumer dan agak kenyal. Camilan unik ini sangat cocok buat pencinta keju.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma itu, tempat ini juga menjual dessert lain yakni baklava. Namanya mungkin memang agak asing, tapi sebenarnya baklava adalah pastry berlapis yang berisi pistachio cincang dan sirup gula.
Mencoba Dessert Kunefe Berisi Lelehan Keju dan Baklava Legit ala Timur Tengah (35686)
Kunefe, dessert khas Timur Tengah Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Rasa dari makanan ini memang khas, terutama harus bercita rasa manis menggigit. Sehingga bagi kamu yang tak terlalu suka makanan manis sebaiknya jangan mencoba makanan ini. Manisnya baklava begitu legit yang bahkan terkadang bikin gigi ikutan ngilu.
Meskipun begitu, rasa manis tersebut pula yang menjadi daya tarik dari kue ini. Terutama untuk masyarakat Indonesia yang cenderung suka makanan manis.
Mencoba Dessert Kunefe Berisi Lelehan Keju dan Baklava Legit ala Timur Tengah (35687)
Kunefe dan baklava, dessert khas Timur Tengah Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Karena berjenis pastry, maka kue ini punya tekstur yang renyah. Sehingga tak hanya manis, ketika digigit pun kue ini punya sensasi kriuk yang bikin pengin mengunyahnya terus.
ADVERTISEMENT
Baklava di kafe ini juga memiliki aneka varian. Sehingga sangat memuaskan kerinduan terutama bagi mereka yang begitu menyukai makanan manis.
Mencoba Dessert Kunefe Berisi Lelehan Keju dan Baklava Legit ala Timur Tengah (35688)
Baklava slice, dessert khas Timur Tengah Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Namun, soal harga kamu harus menyiapkan uang agak banyak, ya. Soalnya, untuk kunefe dibanderol Rp 117 ribu, sedangkan baklava slice-nya dihargai Rp 108 ribuan.
Nah, bagaimana kamu penasaran kah pengin mencicipi makanan unik ala Timur Tengah ini juga?
Mardin Baklava
Alamat: Jl. Cipinang Jaya Raya No.74, RT.8/RW.7, Cipinang Besar Sel., Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13410.
Jam buka: 12.00-22.00 WIB.