Food & Travel
·
6 Desember 2020 16:16

Mengapa Saat Cegukan Kita Disarankan Minum Air Putih?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengapa Saat Cegukan Kita Disarankan Minum Air Putih? (3975)
Ibu hamil cegukan. Foto: Shutterstock
Cegukan menyerang di saat yang tak tepat memang mengganggu, hik! Apa yang biasanya kamu lakukan? Kebanyakan orang akan langsung mengambil segelas air putih dan meminumnya dengan harapan cegukan segera mereda.
ADVERTISEMENT

Tapi, mengapa minum air putih bisa menghilangkan cegukan?

Mengutip Food NDTV, seorang ahli gizi Dr. Rupali Datta mengatakan, minum air putih mampu menghentikan iritasi yang disebabkan kontraksi tak sengaja pada diafragma yang memisahkan otot dada dan perut sehingga menyebabkan cegukan.
Mengapa Saat Cegukan Kita Disarankan Minum Air Putih? (3976)
cegukan Foto: Shutterstock
"Cegukan adalah kontraksi tidak disengaja yang mungkin (dapat) atau tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan rumahan; juga tergantung pada seberapa serius kondisinya. Minum air hanyalah pengobatan lain yang dapat membantu jika kasusnya tidak terlalu parah," terangnya.
Datta juga menyarankan sebaiknya seseorang yang cegukan meminum air putih dingin. Air dingin membantu menghentikan iritasi yang disebabkan diafragma, oleh berbagai faktor yang menyebabkan cegukan, dan akhirnya membantu mengatur gerakan normal.
Menelan air dingin dengan cepat akan merelaksasi momentum yang disebabkan oleh kontraksi diafragma; lalu meredakan kejang yang berlebihan.
Mengapa Saat Cegukan Kita Disarankan Minum Air Putih? (3977)
Minum air es saat diet Foto: Pixabay
Nah, itulah mengapa minum air putih bisa meredakan cegukan. Tapi, perlu diingat, sesuai yang Datta katakan, minum air putih dingin hanya meredakan cegukan ringan. Ya, dikutip dari WebMD, cegukan terbagi menjadi dua jenis; yakni cegukan ringan dan yang jangka panjang.
ADVERTISEMENT
Cegukan ringan biasanya hanya berlangsung dalam hitungan menit hingga satu jam lamanya. Namun, yang membahayakan bila cegukan kamu berlangsung hingga 48 jam atau dua hari. Nah, kalau sudah begitu sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter, ya.
Selain minum air putih dingin, menggigit sepotong lemon atau jeruk nipis, mengemut butiran gula, minum setengah sendok teh cuka apel, hingga makan selai kacang konon juga bisa menjadi tips ampuh mengatasi cegukan, lho.