Food & Travel31 Desember 2017 11:29

Meskipun Sehat, Lemon Hangat Ternyata dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi

Konten Redaksi kumparan
Meskipun Sehat, Lemon Hangat Ternyata dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi (353265)
Air Lemon (Foto: Thinkstock)
Lemon telah lama dipercaya sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan sangat baik untuk dikonsumsi. Salah satu manfaatnya adalah meluruhkan lemak di tubuh sehingga dapat dijadikan sebagai minuman diet. Biasanya lemon dikonsumsi pada pagi hari sebelum makan, dengan cara diseduh terlebih dahulu menggunakan air panas.
ADVERTISEMENT
Namun kebiasaan mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari, ternyata dapat berdampak kurang baik pada kesehatan gigi dan gusi.
Dilansir Metro, seorang dokter dari Dental Suites Clinic di Inggris, mengatakan bahwa kebiasaan mengkonsumsi lemon hangat pada pagi hari sebaiknya dikurangi. Secangkir air panas yang dicampur dengan lemon dapat menipiskan enamel atau lapisan luar gigi, yang menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Hal tersebut juga akan meningkatkan risiko gigi berubah warna menjadi kuning.
Larutan air lemon yang memiliki keasaman tinggi perlahan-lahan akan mengikis enamel gigi, sampai hanya tersisa lapisan dentin yang berwarna kuning dan sangat sensitif. Jika hal ini terus berlanjut, gigi akan menjadi rapuh dan sensitif, bahkan ketika minum dan menyantap makanan lunak.
ADVERTISEMENT
Terlebih jika setelah meminum lemon dilanjutkan dengan menggosok gigi. Lapisan enamel yang telah rapuh dapat luruh lebih cepat ketika menggosok gigi.
Untuk mengurangi risiko kerusakan gigi yang lebih parah, Dr Raha Sepehrara, dari Dental Suites Clinic menganjurkan untuk mengurangi frekuensi konsumsi lemon hangat pada pagi hari. Selain itu setelah minum lemon hangat, beri jarak selama satu sampai dua jam agar enimel kembali kokoh.
Konsumsi lemon memang dapat berdampak sangat baik bagi tubuh, seperti melancarkan proses pencernaan dan menurunkan berat badan secara efektif. Yang terpenting adalah selalu memperhatikan kesehatan gigi dengan merawatnya menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride, sehingga gigi menjadi kuat dan tidak gampang keropos.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white