kurma
21 April 2021 12:26

Minum Air Putih yang Cukup Selama Ramadhan Juga Jaga Kesehatan Mental

Minum Air Putih yang Cukup Selama Ramadhan Juga Jaga Kesehatan Mental (7420)
searchPerbesar
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Sejatinya, kita paham bahwa minum air putih yang cukup selama Ramadhan bisa mendatangkan segudang manfaat. Tak hanya mencegah haus, sejumlah manfaat kesehatan lain juga bisa kita rasakan.
ADVERTISEMENT
Uniknya, minum cukup air putih ini juga dikaitkan dengan kesehatan mental. Menurut riset Risiko Global 2021, selama pandemi COVID-19, sekitar 80 persen masyarakat di dunia terutama anak muda, tengah mengalami penurunan kondisi mental yang cukup serius.
Tentulah permasalahan itu menjadi tantangan baru yang harus dihadapi. Apalagi saat Ramadhan, kita sebaiknya tetap melindungi kesehatan baik fisik maupun mental. Maka dari itu, menurut psikolog klinis, Analisa Widyaningrum, solusi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan membangun kebiasaan baik selama berpuasa.
“Beberapa kebiasaan baik dapat diwujudkan dengan mudah, seperti mengalokasikan waktu istirahat yang teratur, beribadah dengan baik, serta rutin minum atau konsumsi air putih agar fungsi kognitif pun tidak menurun,” ungkap Analisa pada acara webinar “Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadhan bersama AQUA” Selasa (20/04).
Minum Air Putih yang Cukup Selama Ramadhan Juga Jaga Kesehatan Mental (7421)
searchPerbesar
Webinar: Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadhan bersama AQUA Foto: dok.aqua
Selain itu, bukan menjadi rahasia lagi, minum air putih juga membantu kita menghidrasi tubuh. Kala berpuasa, asupan cairan dalam tubuh tidak akan sebanyak biasanya. Alhasil, kita menjadi lebih mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan hingga fungsi otak.
ADVERTISEMENT
“75 persen otak manusia terdiri dari air, apabila tubuh kehilangan sedikitnya dua persen saja dari jumlah total air dalam tubuh, hal ini dapat mengganggu fungsi tubuh kita, termasuk otak,” tambah Intan Ayu Kartika, Brand Director Danone-AQUA.
Oleh sebabnya, jumlah dan waktu konsumsi air putih juga penting untuk kita perhatikan. Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), menyarankan untuk setidaknya minum 8 gelas atau 2 liter air putih guna meningkatkan energi saat bulan puasa.
Minum Air Putih yang Cukup Selama Ramadhan Juga Jaga Kesehatan Mental (7422)
searchPerbesar
Ilustrasi air putih dan kurma Foto: dok.shutterstock
“Karena kita tak bisa minum air putih di siang hari. Lantas, guna memenuhi kebutuhan 2 liter tersebut, bisa dilakukan saat berbuka dengan 2 gelas, dilanjut malam hari 4 gelas, terakhir 2 gelas lagi di waktu sahur. Tidak hanya perhatikan kuantitas, tapi kualitasnya pun harus bersumber dari air putih yang prosesnya terlindungi serta sesuai prosedur standar pemerintah,” tuturnya.
ADVERTISEMENT
Mengamini penjelasan dr. Diana dan Analisa, Musisi sekaligus Brand Partner AQUA, Raisa Andriana berbagi tentang pengalamannya mengatasi tantangan dalam mengejar kemenangan di bulan suci Ramadhan.
“Dulu saat aku masih kecil, Ibu selalu mengingatkan kami untuk menjaga kesehatan selama Ramadhan, dengan memastikan kami berbuka secukupnya, menyeimbangkan asupan gizi, dan memastikan kebutuhan hidrasi kami juga terpenuhi,” ujar Raisa.
Memahami bahwa air putih sangat baik untuk tubuh, maka tidak ada salahnya untuk perhatikan kembali kebiasaan minummu sehari-hari. Makanya, yuk, mari mulai rutin minum 2 liter air, demi investasi tubuh sehat di masa depan!
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya