Food & Travel
·
23 November 2018 15:03

Minuman Segar Berbahan Lidah Buaya yang Kaya Manfaat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Minuman Segar Berbahan Lidah Buaya yang Kaya Manfaat (42342)
searchPerbesar
Ilustrasi lidah buaya (Foto: Thinkstock)
Lidah buaya atau aloe vera saat ini digunakan bukan hanya bermanfaat sebagai bahan kecantikan, melainkan juga dapat diolah menjadi aneka minuman segar. Daging buahnya yang renyah dan kenyal membuat lidah buaya dipilih untuk dikonsumsi sebagai minuman ketika udara terasa panas.
ADVERTISEMENT
Keunggulan lidah buaya yang lainnya adalah dapat dicampurkan dengan bahan minuman lainnya. Misalnya saja, kamu bisa membuat minuman segar perpaduan dari potongan lidah buaya dan lemon yang asam. Cara membuatnya juga mudah, lho, kamu cukup sediakan air dingin lalu masukkan potongan lidah buaya dan tambahkan perasan lemon. Agar semakin kaya rasa, tambahkan sedikit gula cair serta es batu.
Bukan hanya itu, saat sedang merasa tidak enak badan, kamu juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan jahe. Caranya, masukkan beberapa irisan jahe yang sudah dikupas ke dalam air hangat. Lalu, masukkan potongan lidah buaya dan nikmati selagi hangat untuk mengembalikan energimu.
Selain 2 olahan rekomendasi minuman tadi, kamu juga masih bisa membuat aneka olahan lidah buaya lainnya dengan campuran madu, teh hijau atau buah-buahan agar semakin segar. Nah, bukan hanya nikmat dikonsumsi, lidah buaya juga menyimpan ragam manfaat yang sayang jika tidak digunakan. Apa saja manfaat mengkonsumsi lidah buaya? Simak yuk seperti yang dilansir Food.ndtv berikut ini.
ADVERTISEMENT
Menurunkan berat badan
Minuman Segar Berbahan Lidah Buaya yang Kaya Manfaat (42343)
searchPerbesar
Peningkatan Berat Badan (Foto: Thinkstock)
Bukan hanya industri kecantikan yang terobsesi dengan manfaat lidah buaya, industri kesehatan juga tak ingin melewatkannya. Britt Brandon seorang penulis buku berjudul "The Everything Guide to Aloe Vera for Health" mengatakan, "Aloe vera dapat membantu proses diet dan memaksimalkan menurunkan berat badan. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Selain itu, lidah buaya juga mengandung asam amino, enzim dan sterol yang bisa meningkatkan kesehatan," ungkapnya.
Di dalam lidah buaya juga terkandung anti-oksidan yang membantu memerangi radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan proteinnya juga bisa dimanfaatkan untuk perkembangan otot dan menambah energi.
Menyembuhkan radang tenggorokan
Minuman Segar Berbahan Lidah Buaya yang Kaya Manfaat (42344)
searchPerbesar
Ilustrasi batuk (Foto: Thinkstock)
Dilansir Boldsky, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa lidah buaya tinggi akan anti-oksidan yang jika dioleskan ke atas rongga-rongga mulut secara rutin dapat membantu mempercepat penyembuhan radang. Radang pada tenggorokan umumnya diakibatkan oleh cuaca, makanan tertentu ataupun stres yang jika dibiarkan akan memicu penyakit lainnya.
ADVERTISEMENT
Gangguan pencernaan
Minuman Segar Berbahan Lidah Buaya yang Kaya Manfaat (42345)
searchPerbesar
Gangguan Saluran Pencernaan (Foto: Thinkstock)
Jika kamu sedang mengalami gangguan pencernaan kamu bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami. Senyawa aloin dalam lidah buaya memiliki sifat diereutik alami yang baik, sehingga memelihara kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Agar cepat sembuh, kamu bisa mulai rutin mengkonsumsi lidah buaya, baik dinikmati menjadi olahan jus maupun es buah segar.
Mengobati diabetes tipe 2
Minuman Segar Berbahan Lidah Buaya yang Kaya Manfaat (42346)
searchPerbesar
Glucometer, alat untuk mengukur gula darah. (Foto: Thinkstock)
Dalam sebuah penelitian mengatakan jus lidah buaya sangat baik untuk kesehatan. Bahkan meminumnya secara teratur dapat meringankan gejala diabetes tipe 2, di antaranya meningkatkan sensitivitas insulin tubuh, dan dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.
Namu demikian, kamu juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena lidah buaya dikhawatirkan dapat merusak fungsi hati.
ADVERTISEMENT
Menyembuhkan luka bakar
Minuman Segar Berbahan Lidah Buaya yang Kaya Manfaat (42347)
searchPerbesar
Lidah buaya. (Foto: Thinkstock)
Bila kamu mengalami luka bakar, jangan panik. Luka ini bisa kamu sembuhkan terlebih jika memiliki persediaan lidah buaya di kulkas. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai obat alami, lho. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mengoleskannya ke luka dan tunggu hingga kering. Lidah buaya dapat dengan cepat meregenerasi sel kulit dan memaksimalkan penyembuhan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020