kumparan
30 November 2019 13:59

Musang King Tak Kunjung Datang, Durian Bawor dari Banyumas Ludes

Durian Bawor.
Durian Bawor. Foto: Safira Maharani/kumparan
Nama Musang King tentu sudah tak asing bagi pecinta buah durian. Merupakan ikon kuliner Malaysia, kualitas durian Musang King memang terbilang istimewa.
ADVERTISEMENT
Dagingnya gemuk dan berukuran lebih besar. Saat pertama kali dicecap, rasanya memang pahit, namun setelahnya, muncul rasa manis nan nikmat.
Tak heran, durian Musang King begitu dicari dan diminati. Sampai-sampai, raja buah tersebut diboyong langsung ke Indonesia. Tepatnya, dalam acara Malaysia Charity Bazaar 2019 yang diadakan di Kedutaan Besar Malaysia, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Sabtu (30/11).
Bazar yang diadakan oleh Persatuan Wanita Kementerian Luar Negeri (PERWAKILAN) Jakarta ini langsung diserbu oleh pengunjung yang penasaran untuk mencicipi kelezatan durian Musang King. Apalagi, bazar ini memang hanya diadakan selama satu hari, mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB saja.
Terbukti, meski baru pukul 11.00, namun durian yang dijajakan oleh salah satu gerai, MY DURIAN Rumah Durian Malaysia, sudah habis terjual.
Malaysia Charity Bazaar 2019.
Malaysia Charity Bazaar 2019. Foto: Safira Maharani/kumparan
Namun, setelah dikonfirmasi oleh kumparan, ternyata jenis durian yang habis terjual bukanlah Musang King. Melainkan, jenis durian Bawor dari Banyumas, Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Menurut Arif, salah satu pegawainya, durian Musang King yang seharusnya mereka hadirkan dalam bazar tertunda kedatangannya.
“Musang king-nya belum datang, rencana bawa ratusan kilogram, tapi belum bisa dikonfirmasi pastinya. Masih tertahan di bandara, dan belum bisa dikonfirmasi kenapa, sensitive problem soalnya,” terang Arif kepada kumparan.
Untuk mengantisipasinya, mereka menyediakan jenis durian Bawor sebanyak empat peti. Durian yang dibanderol seharga Rp 150 ribu per kilogram tersebut juga langsung habis dalam waktu singkat.
Malaysia Charity Bazaar 2019.
Malaysia Charity Bazaar 2019. Foto: Safira Maharani/kumparan
Sekilas soal jenis durian ini, kata 'bawor' diambil dari 'batang yang diowor-owor'. Memang, batang akarnya bercabang dan merupakan hasil perpaduan beberapa varietas.
Pohon durian bawor sudah mulai berbuah pada usia tiga tahun. Dalam satu tahunnya, kira-kira bisa tiga kali panen. Berat durian ini biasanya berkisar di tiga kilo per buah. Durian bawor juga disebut-sebut sebagai penantang durian montong.
ADVERTISEMENT
“Tadi kira-kira jam 10.30 sudah habis. Iya, durian bawor,” imbuh Arif.
Meski belum bisa mengonfirmasi kapan durian Musang King sampai, namun pihak MY DURIAN Rumah Durian Malaysia meminta para pengunjung untuk tetap bersabar dan menunggu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan