Patut Dicoba! 5 Tips Ini Bantu Turunkan Nafsu Makan Berlebih Kamu

23 Oktober 2021 11:05
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Patut Dicoba! 5 Tips Ini Bantu Turunkan Nafsu Makan Berlebih Kamu (89004)
searchPerbesar
Ilustrasi makan berlebihan Foto: Shutter Stock
Pernahkah kamu merasa nafsu makan begitu membuncah hingga rasanya pengin melahap santapan padahal sudah banyak makan? Sayangnya, kamu dalam program menurunkan berat badan. Kalau gini, sih, yang ada bisa bikin gagal. Eits, tapi jangan khawatir, beberapa cara ini bisa bantu menurunkan nafsu makan berlebihmu, lho.
ADVERTISEMENT
Keinginan untuk memuaskan nafsu makan yang begitu kuat, kadang-kadang terasa tidak terkendali. Terlebih lagi harum dan tampilan makanan yang menggugah selera. Rasanya sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Jika sudah begini, maka ujung-ujungnya pasti menyesal karena berat badan terus bertambah.
Tapi jangan sedih, 5 cara berikut ini bisa bantu kamu untuk mengurangi nafsu makan berlebih. Mengutip Eat This, berikut tips selengkapnya, yuk simak lebih lanjut!

1. Pahami asal mula keinginan nafsu makan berlebih

Patut Dicoba! 5 Tips Ini Bantu Turunkan Nafsu Makan Berlebih Kamu (89005)
searchPerbesar
Ilustrasi mindful eating Foto: Shutterstock
Hal pertama yang harus diketahui adalah sebenarnya kamu ini benar lapar atau hanya “lapar mata saja.” Selain itu, kamu juga harus perhatikan, apakah sudah benar dalam mengatur pola makan? Sebab, bisa jadi kamu terlalu membatasi pola makan sehingga menimbulkan hasrat lapar secara terus-menerus.
ADVERTISEMENT
“Bila kita tidak makan untuk beberapa waktu, tubuh kita mendambakan makanan yang tinggi lemak dan gula; karena lemak adalah sumber energi yang paling efisien, dan gula cepat diserap oleh tubuh,” ujar jelas ahli gizi dan blogger Dena Gershkovich, RDN.

2. Jangan batasi atau tolak, cobalah untuk menunda

Patut Dicoba! 5 Tips Ini Bantu Turunkan Nafsu Makan Berlebih Kamu (89006)
searchPerbesar
Ilustrasi wanita menolak makan. Foto: Shutterstock
Keinginan untuk terus makan memang terasa begitu kuat, tetapi nyatanya akan terasa lebih kuat saat kamu mencoba untuk melawannya. "Mengatakan pada diri sendiri bahwa makanan yang kamu idamkan itu buruk, sebenarnya akan meningkatkan keinginan untuk makan," ujar Melissa Mitri, RD, ahli diet untuk Wellness Verge .
"Alih-alih langsung menyerah, katakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa untuk menunggu. Seringkali, ini membantu mengurangi kemungkinan makan spontan pada saat itu. Ditambah lagi, ketika kamu tahu kamu bisa memakannya di lain waktu, " ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

3. Jangan pernah melewatkan sarapan

Patut Dicoba! 5 Tips Ini Bantu Turunkan Nafsu Makan Berlebih Kamu (89007)
searchPerbesar
com-Ilustrasi Sarapan Pagi Foto: Shutterstock
Hal ini tentu penting, sarapan akan membuat kamu lebih siap melewati hari yang melelahkan. Selain itu, sarapan juga bisa menurunkan nafsu makan berlebih, lho. "Sarapan membantu kamu memulai hari dengan benar dan mengatur kadar gula darah di pagi hari yang juga membatasi keinginan untuk makan di kemudian waktu," ujar ahli gizi dan pelatih pribadi Jamie Hickey, RD.
Diketahui sarapan juga dapat mengalahkan keinginan nafsu makan berlebih, apalagi makanan tersebut mengandung protein yang tinggi. Para peneliti di University of Missouri menemukan bahwa makan sarapan kaya protein, secara efektif mengurangi sinyal otak yang memengaruhi perilaku makan yang didorong oleh keinginan sementara.

4. Alihkan perhatian saat ingin ngemil

Patut Dicoba! 5 Tips Ini Bantu Turunkan Nafsu Makan Berlebih Kamu (89008)
searchPerbesar
Ilustrasi mendengarkan musik. Foto: Shutterstock
Jika kamu ingin menikmati cokelat setelah makan cukup banyak, maka cobalah untuk alihkan perhatian dengan melakukan kegiatan fisik. Ya, tidak perlu lama-lama, beberapa menit saja sudah cukup, kok.
ADVERTISEMENT
"Ganggu dirimu dengan mendengarkan podcast atau musik, mengajak anjing jalan-jalan, memukul matras; lakukan apa saja untuk mengalihkan pikiran kamu dari makanan," kata ahli gizi Julie Mancuso, ahli gizi terdaftar dan pemilik JM Nutrition.

5. Hindari gangguan saat ngemil

Patut Dicoba! 5 Tips Ini Bantu Turunkan Nafsu Makan Berlebih Kamu (89009)
searchPerbesar
Ilustrasi ngemil sambil bekerja Foto: Shutter Stock
Sejatinya ngemil tidak akan menyebabkan masalah kelebihan berat badan jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Namun nyatanya, di saat kita ngemil bisa saja ada gangguan tertentu yang membuat kita makan lebih banyak; yang mana hal itu tentu akan menyebabkan berat badan berlebih.
Sebuah studi tahun 2019 dalam jurnal Psychology & Behavior menemukan bahwa menggunakan smartphone saat makan, akan menyebabkan peningkatan jumlah kalori yang dimakan oleh seseorang.
Reporter: Destihara Suci Milenia
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020