Food & Travel15 September 2020 9:42

Penderita Penyakit Celiac, Ini 5 Tips Memilih Makanan yang Bebas Gluten

Konten Redaksi kumparan
Penderita Penyakit Celiac, Ini 5 Tips Memilih Makanan yang Bebas Gluten (59983)
Gluten free pandan kaya cake - Social Garden di Senayan City Foto: Azalia Amadea/kumparan
Pengobatan penyakit celiac mengharuskan penderitanya untuk mengonsumsi makanan bebas gluten. Celiac adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan rentan terhadap gluten. Penderita perlu menghindari gluten, protein alami yang terdapat dalam beberapa biji-bijian; termasuk gandum, barley, dan gandum hitam.
ADVERTISEMENT
Jika mengonsumsi gluten, maka respons autoimun dalam tubuh penderita penyakit celiac akan menyebabkan rusaknya lapisan usus kecil. Akibatnya, usus kecil tidak lagi dapat menyerap nutrisi makanan dengan baik; menimbulkan gejala seperti diare, penurunan berat badan, dan malnutrisi.
Diet bebas gluten tidak hanya boleh dijalani oleh penderita celiac, lho. Walau terdengar sulit dan menakutkan, nyatanya sekarang sudah banyak makanan yang bebas gluten. Dilansir BBC Good Food, berikut beberapa tips diet gluten agar lebih lancar dan mudah!

1. Biasakan membaca label makanan saat berbelanja

Penderita Penyakit Celiac, Ini 5 Tips Memilih Makanan yang Bebas Gluten (59984)
Ilustrasi membaca label kemasan Foto: Shutterstock
Cara paling mudah mengidentifikasi gluten pada makanan adalah dengan mengecek kemasannya. Sudah banyak produk yang kini mencantumkan informasi bebas gluten pada kemasan makanannya.
Kamu dapat mengecek gluten dari bahan-bahan pembuatan makanan yang tercantum. Hindari gandum, gandum hitam, barley, oat, dieja, atau biji-bijian lainnya yang mengandung gluten.
ADVERTISEMENT

2. Ganti makanan dengan komposisi bebas gluten

Penderita Penyakit Celiac, Ini 5 Tips Memilih Makanan yang Bebas Gluten (59985)
Protein gluten pada roti. Foto: Pixabay
Pasta, roti, atau biskuit kemasan kebanyakan sudah memiliki pilihan bebas gluten. Kamu dapat mencari makanan pengganti bebas gluten dalam pasta, roti, atau sereal ke pilihan bebas gluten yang kini mulai banyak beredar di supermarket.

3. Ada makanan yang secara natural tidak mengandung gluten

Penderita Penyakit Celiac, Ini 5 Tips Memilih Makanan yang Bebas Gluten (59986)
(Ki-ka) Ilustrasi daging babi, ayam, dan sapi Foto: dok.Shutterstock
Ketika kamu merasa lelah mencari makanan gluten free untuk diet, kamu dapat berhenti sejenak dan mengingat hal ini. Banyak bahan asli makanan yang sebenarnya bebas gluten. Seperti buah segar, sayur hijau, daging, ayam, ikan, keju bahkan telur tidak mengandung gluten. Jadi pertimbangkan makanan tersebut sebagai bahan utama hidanganmu!

4. Nikmati biji-bijian dan sereal bebas gluten alami

Penderita Penyakit Celiac, Ini 5 Tips Memilih Makanan yang Bebas Gluten (59987)
Ilustrasi Quinoa Foto: Shutterstock/Julia Sudnitskaya
Diet bebas gluten bukan berarti kamu tidak dapat mengonsumsi semua jenis biji-bijian dan sereal. Quinoa, polenta, soba, dan jagung merupakan beberapa dari biji-bijian alami yang bebas gluten.
ADVERTISEMENT
Namun, periksa dengan benar lagi label makanan bahwa kamu menggunakan versi yang tidak terkontaminasi gluten. Gantilah bahan-bahan memasak yang mengandung gluten dengan bahan alami tersebut.

5. Hindari saus yang mengandung gluten

Penderita Penyakit Celiac, Ini 5 Tips Memilih Makanan yang Bebas Gluten (59988)
Ilustrasi jagung Foto: dok.shutterstock
Banyak saus pasta, kuah kaldu, kaldu, dan bumbu dibuat dari tepung terigu yang mengandung gluten. Pastikan selalu membaca label makanan dan hindari bahan yang tidak sesuai. Sebagai gantinya, cobalah membuat saus pasta menggunakan tepung jagung atau tepung kentang untuk membantu mengentalkan saus.
Kamu perlu mengingat walaupun menjalankan bebas gluten, bukan berarti kamu tidak dapat makan di restoran atau bersama teman dan keluarga. Diet sehat bebas gluten hanya mengharuskan kamu untuk selalu teliti dan kreatif mencari sumber makanan lain.
Reporter: Natashia Loi
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white