Perlu Berapa Kali Minum Susu dalam Sehari?

17 Desember 2020 15:54
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Perlu Berapa Kali Minum Susu dalam Sehari? (95622)
searchPerbesar
Ilustrasi minum susu. Foto: Shutterstock
Minum susu memang menyehatkan. Ada banyak manfaat yang ditawarkan. Tak hanya kandungan tinggi kalsium, susu juga dapat melengkapi kebutuhan nutrisi pada tubuh manusia.
Mengutip Eat This, susu dan produk turunannya merupakan sumber kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin D, kalium, seng, magnesium, protein, dan beberapa zat gizi lainnya yang baik untuk tubuh.
Susu juga disarankan untuk dikonsumsi di tengah pandemi seperti ini. Studi yang diterbitkan jurnal Food & Function tahun 2016 menyebutkan, kandungan protein tinggi dalam susu turut mendukung imunitas karena mampu meregulasi sistem kekebalan tubuh. Kendati demikian, susu tidak bisa 'berdiri sendiri' dalam menjaga kekebalan tubuh. Pasalnya, minum susu juga perlu dibarengi konsumsi makanan bergizi seimbang lainnya.
Meski memiliki sejumlah manfaat baik, mengonsumsi susu juga ada aturan takarannya. Takaran susu yang tepat tergantung kondisi tubuh seseorang dan bergantung pada usianya. Semakin besar atau semakin tumbuh seseorang, semakin banyak kebutuhan susu. Ukuran per sajian susu biasanya 235 ml atau setara dengan 1 cangkir.

Usia 0-12 Tahun

Bayi usia 0 - 12 bulan (1 tahun) tidak dianjurkan mengonsumsi susu sapi, tapi ASI. ASI merupakan nutrisi utama yang paling baik untuk bayi karena dapat memenuhi semua kebutuhan dasar mereka untuk tumbuh dan berkembang.
Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun memiliki pendapat yang sama. Mereka bahkan menyarankan ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan hingga ia berusia 2 tahun dengan disertai pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) yang bergizi.

Usia 2-8 Tahun

Perlu Berapa Kali Minum Susu dalam Sehari? (95623)
searchPerbesar
Ilustrasi anak minum susu. Foto: Shutterstock
Berdasarkan panduan dari U.S. Department of Agriculture tahun 2010 tentang takaran minum susu, untuk anak-anak di bawah usia 2-3 tahun, mengonsumsi setidaknya 2 cangkir susu setiap hari. Dan anak-anak berusia 4 - 8 tahun mengonsumsi setidaknya 2,5 cangkir susu setiap hari.

9 Tahun Ke Atas

Perlu Berapa Kali Minum Susu dalam Sehari? (95624)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu dan anak minum susu. Foto: Shutterstock.
U.S. Department of Agriculture juga merekomendasikan anak-anak berusia 9 tahun ke atas dan orang dewasa, mengonsumsi setidaknya 3 cangkir susu setiap hari.
Sementara itu, pedoman gizi seimbang yang dipublikasikan Kemenkes, menganjurkan masyarakat untuk minum susu setiap hari. Batasannya yakni 2 hingga 3 porsi sehari yang sudah termasuk dengan sumber protein lainnya.
Ya, dengan mengonsumsi sesuai takaran, tentu manfaat yang dirasakan akan jadi lebih optimal dan maksimal. Sebaliknya jika berlebihan, susu justru akan memberikan dampak yang sebaliknya.
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa nutrisi dalam segelas susu memiliki berbagai macam kebaikan untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah berkontribusi untuk mencegah stunting, mempercepat pemulihan otot, serta memperkuat tulang dan gigi.
Dengan berbagai macam manfaat tersebut, susu merupakan sumber gizi yang dibutuhkan pada semua fase kehidupan. Semua kelompok usia mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia membutuhkan kandungan gizi dalam segelas susu.
Perlu Berapa Kali Minum Susu dalam Sehari? (95625)
searchPerbesar
Ilustrasi keluiarga minum susu. Foto: Shutterstock
Tentu saja, agar tubuh mendapat manfaat maksimal dari kandungan gizi susu, kita perlu mengonsumsi susu secara rutin setiap hari. Apalagi kini tak sulit untuk mendapatkan segelas kebaikan dari susu.
Salah satu susu yang bisa jadi pilihan tepat adalah susu cair Indomilk UHT 1L yang pas untuk dikonsumsi keluarga setiap hari. Terbuat dari susu sapi segar tanpa tambahan garam, Indomilk UHT 1L dapat memberikan rasa gurih asli susu segar.
Tak hanya itu, susu ini juga mengandung kalsium yang tinggi dan sederet kandungan lainnya yang dapat melengkapi cakupan nutrisi harian pada tubuh. Indomilk UHT 1L juga dikemas dengan teknologi NutriKeep. Teknologi ini dapat menjaga segala kebaikan alami susu.
Perlu Berapa Kali Minum Susu dalam Sehari? (95626)
searchPerbesar
Susu Indomilk UHT 1 Liter. Dok. kumparan
Tersedia dalam dua varian rasa, full cream dan cokelat, Indomilk UHT 1L dapat melengkapi kebutuhan nutrisi bagi seluruh anggota keluarga. Dengan minum Indomilk, kamu juga turut berkontribusi dalam mewujudkan keluarga #INDOsehatdenganMILK!
Yuk, biasakan minum susu setiap hari sesuai takaran ya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Indomilk
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020