kumparan
19 Okt 2018 16:19 WIB

Resep Masakan: Lembut dan Renyahnya Camilan Tahu Rambutan

Tahu rambutan (Foto: Instagram/ @griskin.yapenta)
Resep masakan berbahan dasar tahu kerap disajikan sebagai menu makanan utama. Tak cuma memilki tekstur lembut yang bisa disantap oleh segala usia, olahan kedelai ini juga kaya akan protein dan rendah kalori, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang tengah menjalani pola makan sehat.
ADVERTISEMENT
Cara memasaknya pun cenderung mudah, tinggal digoreng atau direbus, tahu sudah bisa dilahap. Atau, bisa juga dengan mencampurkannya bersama aneka bumbu dan rempah-rempah untuk menghasilkan cita rasa yang lebih kaya, misalnya saja, semur tahu atau sayur tahu santan.
Nah, selain disantap sebagai makanan berat, tahu juga bisa diolah menjadi berbagai camilan, lho. Salah satunya adalah tahu rambutan. Kudapan ini terbuat dari tahu yang dibentuk bulat, lalu diisi dengan telur puyuh dan dibalut dengan mi, membuat tampilannya mirip seperti buah rambutan. Terdengar unik, ya?
Cara pembuatannya sendiri ternyata tidaklah sulit, lho. Hanya dengan bahan-bahan sederhana dan waktu yang cukup singkat, camilan tahu rambutan siap mengganjal perut saat kelaparan di sore hari.
ADVERTISEMENT
Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak resep masakan tahu rambutan berikut ini:
Tahu rambutan (Foto: Instagram/ @mirarosmayani)
Bahan-bahan:
6 buah tahu kuning
10 butir telur puyuh rebus
1 sdm tepung terigu
1 bungkus mi instan, remukkan hingga menjadi remahan
1 butir telur
1 batang daun bawang
Garam dan merica, secukupnya
Cara membuat:
1. Hancurkan tahu hingga halus, lalu masukkan telur, tepung terigu, bumbu mi instan, dan daun bawang, campur semuanya hingga merata. Bila cita rasanya masih kurang terasa, tambahkan garam dan merica secukupnya.
2. Balut telur puyuh satu per satu dengan adonan tahu yang telah dihaluskan dan dicampur bumbu. Bentuk adonan menjadi bulat menyerupai bola.
3. Gulingkan bulatan tahu berisi telur tadi di atas remahan mi instan.
ADVERTISEMENT
4. Panaskan minyak, lalu goreng tahu hingga berwarna keemasan.
5. Angkat dan tiriskan.
6. Sajikan bersama saus tomat atau cabai agar rasanya semakin mantap.
Selamat mencoba resep masakan tahu rambutan yang lembut dan renyah!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan