kumparan
search-gray
Food & Travel9 Mei 2020 17:16

Resepnya Sudah Ada dari Tahun 2005, Kini Froggy Bread Jadi Ramai di TikTok

Konten Redaksi kumparan
Resepnya Sudah Ada dari Tahun 2005, Kini Froggy Bread Jadi Ramai di TikTok (499796)
Ilustrasi membuat roti Foto: Shutter Stock
Social distancing bikin kita harus #dirumahaja selama berbulan-bulan. Mungkin minggu pertama masih biasa saja, tapi kalau sudah masuk ke bulan kedua, kita pasti sudah coba hobi baru yang aneh-aneh. Salah satunya memasak.
ADVERTISEMENT
Dari dalgona coffee, pie susu teflon, hingga sekarang yang sedang viral: froggy bread. Buat kamu yang belum dengar, mungkin di Instagram masih belum terlalu ramai, namun di TikTok sudah banyak sekali yang membuat roti dengan tampilan bak katak besar ini.
Kalau dalgona coffee menuntut 'kesempurnaan' dari foam yang dihasilkan, froggy bread justru menampilkan hasil apa adanya. Enggak apa-apa kalau hasil roti kataknya jadi aneh.
Video dengan tagar #froggybread kini sudah mencapai lebih dari 1,8 juta di TikTok dan angka ini terus naik.
Akun @frauglet jug membuka jalan resep froggy bread ke Twitter. Ia mengunggah sebuah video yang berakhir pada banyaknya balasan orang dengan foto kreasi mereka sendiri.
Lucunya, resep froggy bread sudah ada sejak 2005. Memang dulu disebutnya frog bread. Adalah laman The Fresh Loaf yang menuliskan resepnya. Dalam laman tersebut, pembuatnya berkisah: ide resep froggy bread ini muncul dari kenangan masa kecilnya.
ADVERTISEMENT
Dulu, ia tinggal di Mission District, San Francisco dan di sana ada sebuah toko roti Meksiko yang membuat roti indah berbentuk buaya. Kemudian, ia dan istrinya beride dengan membuat roti berbentuk binatang sendiri yang terinspirasi dari laman web yang saat itu ia kelola; namanya Frog Web.
Akhirnya, hewan pertama yang muncul di benak adalah katak. Jadilah, resep frog bread itu..

Cara membuat froggy bread

Dilansir dari resep aslinya, berikut adalah bahan yang kamu perlukan untuk bikin roti katak ini:
6 cangkir tepung terigu
2 sdt garam
2 sdt ragi
1/4 gelas gula
2 cangkir susu hangat
1/4 - 1/2 gelas air
Kamu tinggal mencampur semua bahan kering dalam susu dan air yang cukup hingga jadi adonan. Putar-putar hingga menjadi bola dan uleni selama kurang lebih 10 menit.
ADVERTISEMENT
Kembalikan ke dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak. Tutup dengan bungkus plastik, dan biarkan mengembang selama sekitar 90 menit sampai adonan menjadi dua kali lipat.
Mau coba bikin froggy bread selama #dirumahaja?
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!