Food & Travel
·
27 Juli 2020 19:04

Selain Corona, Wabah Salmonella Telah Menginfeksi 15 Negara Bagian di Amerika

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Selain Corona, Wabah Salmonella Telah Menginfeksi 15 Negara Bagian di Amerika (38)
Ilustrasi bakteri salmonella Foto: dok.Shutterstock
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sedang melakukan penelitian lebih lanjut terkait wabah salmonella yang telah menginfeksi 15 negara bagian di AS. Dari 125 kasus yang dilaporkan mulai pada sekitar 19 Juni, 24 orang telah dirawat di rumah sakit.
ADVERTISEMENT
Wabah ini telah menginfeksi negara bagian dari North Carolina, Tennessee, Ohio, Michigan, dan Illinois, hingga Wisconsin, Missouri, Iowa, dan Minnesota. Kasus lain wabah Salmonella juga telah dilaporkan di Montana, Wyoming, Utah, Washington, Oregon, dan California.
Wabah yang muncul di musim panas tersebut menyebabkan sejumlah daging di Walmart dan toko-toko lainnya mengalami penarikan. Lebih dari 40.000 pon daging sapi organik yang diberi makan rumput ditarik kembali pada pertengahan Juni, karena memungkinkan kontaminasi bakteri E. coli.
Selain Corona, Wabah Salmonella Telah Menginfeksi 15 Negara Bagian di Amerika (39)
(Ki-ka) Ilustrasi daging babi, ayam, dan sapi Foto: dok.Shutterstock
Termasuk pula pada akhir bulan Juni, 60.000 pon nugget ayam merek Pilgrim's Pride juga ditarik dari peredaran karena mereka menemukan potongan-potongan kecil karet dalam daging beku.
Infeksi salmonella memiliki gejala meliputi gangguan di perut, seperti kram, diare, serta demam. Penyakit ini dapat berkembang paling cepat enam jam setelah pasien mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi tersebut. Infeksi dari bakteri tersebut juga bisa menyebar dalam darah yang bisa menyebabkan pasien di rawat di rumah sakit.
Selain Corona, Wabah Salmonella Telah Menginfeksi 15 Negara Bagian di Amerika (40)
Ilustrasi infeksi bakteri salmonella Foto: dok.Shutterstock
Hampir mirip dengan corona, salmonella juga mudah menyerang mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, serta orang tua dengan usai lebih dari 65 tahun dan anak-anak di bawah 5 tahun.
ADVERTISEMENT
CDC mengungkapkan, wabah salmonella tidak hanya bersumber dari jenis makanan tertentu, restoran, maupun produk yang di jual di sebuah brand supermarket.
Maka itu, CDC menyarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan dari sumber yang sehat, serta menjaga kebersihan rumah terutama dapur. Selain itu, pisahkan pula bahan makanan mentah dari yang sudah matang. Terakhir, bila mengalami gejala infeksi seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter sebelum terlambat.