Food & Travel
·
14 Januari 2021 9:19

Tak Hanya untuk Rambut, Ini 5 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Hanya untuk Rambut, Ini 5 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan  (6623)
Manfaat minyak kemiri. Foto: Shutterstock
Kebanyakan orang mengetahui manfaat kemiri hanya untuk kesehatan rambut; seperti menumbuhkan rambut, mencegah kerontokan, atau membuat tumbuh lebih kuat. Namun, bumbu dapur yang juga dikenal dengan Aleurites Moluccanus ini memiliki berbagai manfaat kesehatan lain, lho.
ADVERTISEMENT
Mengutip Health Benefits Times, kemiri tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti Malaysia, Indonesia, Queensland, dan beberapa bagian Australia —dengan salah satu habitat aslinya berada di Maluku. Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab, serta populer atas manfaat kesehatannya.
Namun, selain digunakan sebagai obat, kemiri juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan. Kandungan minyak yang tinggi pada kacang ini membuatnya cocok untuk menjadi campuran masakan; biasanya digunakan untuk mengentalkan masakan Asia.
Tidak hanya itu, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai minyak lampu. Penasaran dengan manfaat lainnya? Berikut 5 manfaat lain dari kemiri terkait kesehatan.

1. Bermanfaat menjaga sistem pencernaan

Tak Hanya untuk Rambut, Ini 5 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan  (6624)
Gangguan Saluran Pencernaan Foto: Thinkstock
Sebagai sumber serat yang sangat baik, kemiri bisa bermanfaat bagi saluran pencernaan. Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu memperlancar proses pencernaan dan mendorong pergerakan usus. Hal ini karena kandungan minyaknya berfungsi sebagai pencahar ringan.
ADVERTISEMENT
Catatan penyembuhan tradisional juga merekomendasikan kemiri untuk individu yang menderita diare —kandungan seratnya dapat membantu menambah massa pada tinja untuk mengakhiri diare. Tidak hanya itu, kemiri juga memiliki sifat antimikroba sehingga membantu menjaga usus dari makanan dan air yang terkontaminasi.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tak Hanya untuk Rambut, Ini 5 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan  (6625)
Ilustrasi kesehatan jantung. Foto: Foto: Shutter Stock
Kemiri sangat bermanfaat bagi orang dengan kadar kolesterol di luar kisaran normal. Pasalnya, kacang pohon ini membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan dalam prosesnya menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Selain itu, kemiri mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium memicu efek relaksasi pada dinding pembuluh darah, sehingga dapat mengalir lebih bebas ke seluruh sistem. Hal ini membantu kerja jantung lebih mudah dan tidak melelahkan.
ADVERTISEMENT

3. Mengatasi insomnia

Tak Hanya untuk Rambut, Ini 5 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan  (6626)
Ilustrasi Insomnia Foto: Shutterstock
Insomnia membuat kamu tidak dapat tidur dengan nyenyak. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal; mulai dari depresi, banyak pikiran, ketakutan akan sesuatu, dan masih banyak lagi. Namun dengan kandungan melatonin dalam kemiri, kamu bisa mengatasinya, membuat lebih rileks dan cepat terlelap.

4. Memperkuat sendi, tulang, dan otot

Tak Hanya untuk Rambut, Ini 5 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan  (6627)
Ilustrasi tulang sehat Foto: Shutterstock
Pergelangan kaki dan tangan kamu akan berterima kasih saat mengonsumsi kemiri secara teratur. Kemiri dapat membantu kesehatan persendian dan menjaga kekuatan tulang. Menurut pakar nutrisi, fosfor yang terdapat pada kemiri merupakan salah satu alasannya. Kemiri juga mengandung banyak protein, sehingga membantu membangun otot.

5. Mengobati sakit gigi dan sariawan

Tak Hanya untuk Rambut, Ini 5 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan  (6628)
com-Ilustrasi sakit gigi. Foto: Shutterstock
Getah kemiri ini juga membantu mengobati sakit gigi dan sariawan. Untuk itu, kamu membutuhkan batang dari kulit kayu. Sobek kulit batang kayu dan tunggu sampai getahnya muncul. Setelah getah muncul, ambil dengan kapas dan oleskan pada gigi yang sakit selama 10 menit. Ulangi beberapa kali untuk meredakan sakit gigi.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, untuk sariawan, campur getah kemiri dengan santan. Ambil dengan kapas dan olesi pada sariawan. Obat sariawan herbal ini dapat meredakan ngilu dan perih di bibir.
Reporter: Natashia Loi