Food & Travel
·
30 Juni 2020 13:03

Tanpa Biaya Sewa, GoFood Tawarkan Fasilitas Dapur Bersama untuk Pelaku UMKM

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tanpa Biaya Sewa, GoFood Tawarkan Fasilitas Dapur Bersama untuk Pelaku UMKM (1050)
Ilustrasi dapur restoran Foto: Shutter Stock
Pandemi virus corona membawa dampak yang begitu besar bagi pelaku UMKM. Terlebih untuk mereka yang sampai terpaksa menutup tempat dagang hingga berbulan-bulan. Kondisi ini membuat sejumlah rata-rata pengusaha terutama dibidang kuliner mengalami kerugian yang cukup signifikan
ADVERTISEMENT
Guna membantu perjuangan para pelaku UMKM tersebut, GoFood meluncurkan sejumlah fasilitas khusus, seperti mempercepat transformasi digital dan menyediakan dapur bersama. Hal ini dipaparkan langsung oleh Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group dalam webinar bertajuk "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang digelar, Senin (29/6).
Menjadi menarik karena GoFood juga kini menyediakan fasilitas dapur bersama atau yang kita kenal dengan tren cloud kitchen. Pengadaan dapur untuk para merchant GoFood ini sudah berjalan sejak Oktober 2019 lalu. Saat ini, Catherine mengungkapkan sudah ada sekitar 27 dapur yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Medan.
Tanpa Biaya Sewa, GoFood Tawarkan Fasilitas Dapur Bersama untuk Pelaku UMKM (1051)
Dapur bersama GoFood Foto: dok.GoFood
"Untuk menempatkan kitchen-kitchen ini biasanya kita menyamakan dengan data atau demand di daerah tersebut terlebih dahulu. Kemudian kami mencari makanan apa yang sekiranya belum atau sedikit ketersediaannya di daerah tersebut. Selanjutnya, kami menawarkan kepada merchant GoFood untuk bergabung di dapur di daerah tersebut," terangnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menyediakan tempat, dapur bersama ini juga didukung oleh infrastuktur standar dapur restoran dan chiller. Untuk UMKM yang menggunakan alat masak khusus, dapat membawa sendiri sesuai keperluan.
GoFood juga tak membebankan biaya sewa, seperti biasa, sistem bagi hasil yang diberlakukan selama UMKM menggunakan dapur bersama. Dengan begitu, diharapkan para pelaku usaha tak perlu memikirkan fix cost yang terkadang memberatkan.
Tanpa Biaya Sewa, GoFood Tawarkan Fasilitas Dapur Bersama untuk Pelaku UMKM (1052)
Dapur bersama GoFood Foto: dok.GoFood
Dapur bersama ini juga menyediakan lahan parkir dan ruang tunggu khusus driver yang akan mengambil dan mengantarkan pesanan. Termasuk selalu menjaga kebersihan dapur bersama dengan mengadakan pembersihan secara berkala.
Tren cloud kitchen seperti ini memang dinilai cukup membantu. Termasuk mendukung para UMKM untuk tetap bisa bertahan dan bangkit di tengah krisis ini. Kehadiran dapur bersama juga mendukung UMKM untuk semakin melek digital sehingga bisa selalu 'go online.'
ADVERTISEMENT
Ke depan, Catherine tak menutup kemungkinan untuk memperluas area jangkauan dapur bersama di kota-kota lainnya. Untuk itu, buat para pelaku UMKM bisa memanfaatkan peluang ini agar bisa membangkitkan kembali bisnis kulinernya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.