kumparan

Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker, 7 Manfaat Kesehatan Melon

Ketuk permukaan melon
Apakah kamu penikmat buah melon?
Ya, bercita rasa manis dengan kandungan air yang melimpah, melon selalu menjadi salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Dengan teksturnya yang renyah, tak jarang melon kerap diolah menjadi beberapa menu hidangan yang nikmat dan menyegarkan, mulai dari sop buah, jus buah, hingga shorbet.
ADVERTISEMENT
Tak hanya segar, buah berwarna hijau pucat ini juga memiliki sederet vitamin yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Lantas, manfaat kesehatan apa yang dimiliki melon? Berikut ulasannya:
1. Meningkatkan penglihatan
Lakukan ini untuk menjaga kesehatan mata (Foto: Pixabay)
Melon mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi, keduanya bermanfaat untuk membantu memperkuat retina sehingga buah satu ini akan meningkatkan fungsi penglihatan. Tak hanya itu, melon juga dikenal tinggi akan potasium yang berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko hipertensi.
2. Menurunkan berat badan
Berat Badan Naik Selama Puasa (Foto: Thinkstock)
Melon minim akan kandungan lemak dan kalori namun kaya serat, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani proses penurunan berat badan. Kandungan serat yang dimilikinya sangat efektif untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama dan juga meminimalisir rasa lapar.
ADVERTISEMENT
3. Mencegah penyakit jantung
Puasa Baik Untuk Kesehatan Jantung (Foto: Thinkstock)
Melon juga diperkaya dengan kalium yang dapat membantu mengurangi masalah terkait jantung seperti stroke dan gagal jantung. Selain itu, buah bercita rasa manis ini juga memiliki sifat antikoagulan dan adenosin yang dapat membantu mencegah penggumpalan darah, sekaligus mengencerkannya.
4. Mengontrol kadar gula darah
Ilustrasi melon (Foto: Pixabay)
Dilansir Boldsky, mengkonsumsi melon secara teratur rupanya juga sangat baik untuk mencegah diabetes. Ya, dikenal sebagai salah satu jenis buah yang dapat mengontrol kadar gula darah secara efektif, melon merupakan obat yang baik untuk penderita diabetes. Melon juga diperkaya dengan vitamin C yang melimpah, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara merangsang produktivitas sel darah putih yang akan membantu melawan infeksi di dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
5. Menurunkan kolesterol
Perhatikan bentuk melon
Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat memicu beragam jenis penyakit kronis, seperti stroke dan jantung. Dan, mengkonsumsi melon secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol yang mengendap dalam tubuh. Mengandung kadar air dan serat yang cukup tinggi, melon akan memaksimalkan sistem pencernaan dan juga membuang lemak dan kolesterol bersama feses dan urin.
6. Meminimalisir risiko kanker
Buah Melon Lokal di Swalayan (Foto: Ela Nurlaela/kumparan)
Melon mengandung vitamin C yang berguna untuk menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel-sel tubuh, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan energi. Selain itu, melon juga diperkaya dengan beta karoten yang sangat ampuh untuk membantu meminimalisir risiko kanker.
7. Mencegah cacat pada bayi
Ilustrasi melon (Foto: Dok. Thinkstock)
Melon juga mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat sendiri merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan untuk membantu mencegah cacat pada bayi. Bukan itu saja, buah berwarna hijau pucat ini juga mengandung antikoagulan yang sangat ampuh untuk mengatasi kram saat menstruasi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan