kumparan
24 Maret 2018 10:15

Ubud Food Festival 2018 Hadirkan 100 Chef dan Ratusan Makanan Lokal

Konpers Ubud Food Festival with ABC Kraft Heinz
Konpers Ubud Food Festival with ABC Kraft Heinz (Foto: Dok. Press Release ABC)
Kekayaan kuliner yang dimiliki oleh Indonesia tentunya menjadi suatu hal yang perlu dilestarikan. Apalagi, hidangan khas Nusantara kini semakin dikenal dan mendunia.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja, rendang yang sempat mendapatkan predikat sebagai makanan terlezat versi CNN. Tak hanya itu, berbagai bumbu dan rempah yang dimiliki Indonesia membuat hidangan Nusantara semakin beragam, sehingga menjadi ciri khas tersendiri di tiap daerahnya.
Dan, seiring berjalannya waktu, masakan Indonesia mulai dilirik oleh koki dari penjuru dunia karena kenikmatannya tersebut. Lalu, bagaimana peran masyarakat Indonesia sendiri terhadap perkembangan kulinernya?
Kadek Purnami di UFF
Kadek Purnami di UFF (Foto: Dok. Press Release ABC)
Melihat hal tersebut, Yayasan Mudra Saraswati ingin memperkenalkan sajian Indonesia yang beragam dan produk-produk lokal yang tak kalah luar biasa melalui acara Ubud Food Festival. Telah diselenggarakan sejak tahun 2015, festival ini memiliki tujuan untuk mendukung industri kuliner dan pariwisata Indonesia.
Kali ini, Ubud Food Festival menggandeng salah satu brand makanan ternama, yakni ABC Kraft Heinz untuk memperkenalkan warisan kuliner yang dimiliki oleh Indonesia kepada dunia. Tak tanggung-tanggung, acara yang menghadirkan lebih dari 100 chef baik lokal maupun internasional ini akan diselenggarakan selama tiga hari. Selain itu, sebanyak kurang lebih 100 tenant, baik dari dalam maupun luar Bali akan ikut memeriahkan festival kuliner ini.
Chef Billy dan Chef Petty akan memasak di UFF
Chef Billy dan Chef Petty akan memasak di UFF (Foto: Safira Maharani/kumparan)
Dengan mengusung tema 'Generasi Inovasi', Ubud Food Festival ingin memberikan penghargaan bagi generasi muda Indonesia yang telah membawa berbagai inovasi dalam industri kuliner. Selain itu, dengan adanya acara ini, diharapkan para generasi muda juga dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga warisan kuliner Nusantara.
ADVERTISEMENT
"Tahun ini, chef-chef muda juga akan mendapat tempat di panggung Ubud Food Festival 2018 untuk membagikan inovasi-inovasi yang telah mereka lakukan", ujar Kadek Purnami selaku General Manager Festival kepada kumparan saat ditemui dalam acara Konferensi Pers Ubud Food Festival bersama ABC Kraft Heinz di Hotel Ritz Carlton, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (23/3).
Sebanyak 280 program acara mulai dari demo masak, special events, workshop, tur kuliner, pasar makanan, pemutaran film, hingga pertunjukan musik juga telah dipersiapkan sebagai bentuk perayaan dalam festival kuliner terbesar di Asia Tenggara ini. Tak hanya itu, terdapat pula panel diskusi yang akan membahas mengenai inovasi dan sustainability di dunia kuliner.
Mi terpedas yang akan disajikan di UFF
Mi terpedas yang akan disajikan di UFF (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Tentunya, acara ini akan semakin lengkap dengan adanya beberapa pakar kuliner dan chef ternama yang akan ikut berpartisipasi seperti chef Farah Quinn, Rinrin Marinka, Gwen Winarno, dan Andrian Ishak. Bahkan, salah satu legenda kuliner Tanah Air, Sisca Soewitomo juga akan hadir kembali di festival tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak ketinggalan, berbagai chef dengan gelar bintang Michelin yakni Rishi Naleen dari Srilanka, Sam Aisbett dari Singapura, dan Jun Lee dari Korea.
Ubud Food Festival sendiri akan digelar pada tanggal 13 hingga 15 April 2018 di Bali dan tiketnya sudah tersedia sejak 13 Februari lalu. Tertarik mengunjunginya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan