kumparan
19 Juni 2018 9:04

Usir Aroma Tak Sedap di Dapur dengan 5 Tips Ini

Tips membersihkan alat dapur
Tips membersihkan alat dapur (Foto: Thinkstock)
Hari raya menyisakan pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan, salah satunya adalah membersihkan dapur. Tak hanya mencuci piring, menghilangkan bau tak sedap dari dapur tentunya menjadi salah satu rutinitas wajib yang harus dilakukan.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, aroma tak sedap pada dapur seringkali sulit dihilangkan. Meski telah mencuci bersih piring-piring kotor dan mengelap meja, bau makanan masih kerap tertinggal.
Namun tak perlu khawatir, karena kumparanFOOD akan berikan tips jitu menghilangkan bau tak sedap pada dapur. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini:
1. Kulit jeruk
Kulit Jeruk
Kulit Jeruk (Foto: Thinkstock)
Seringkali dianggap sebagai sampah, kulit jeruk rupanya juga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami. Tak sulit menggunakannya, kamu hanya perlu merebus kulit jeruk dengan segelas air bersih, kemudian biarkan hingga mendidih. Tambahkan sejumput kayu manis dan kapulaga, pindahkan ke dalam mangkuk plastik, dan simpan di sudut dapur.
2. Roti panggang
com-Roti
com-Roti (Foto: Thinkstock)
Dilansir Boldsky, konon roti panggang dapat membantu menyerap bau busuk di dapur. Pori-porinya yang kecil dan berongga dapat menyerap dan menyamarkan bau busuk, dan mengubahnya menjadi wewangian manis khas roti. Caranya, panggan satu lembar roti, lalu simpan pada meja makan.
ADVERTISEMENT
3. Baking soda
Baking soda
Baking soda (Foto: Thinkstock)
Dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang memiliki sejuta manfaat, baking soda juga rupanya dapat dimanfaatkan sebagai pengusir aroma tak sedap pada dapur. Senyawa alami yang ada didalamnya dikenal ampuh untuk menyerap asam dan asap yang dipancarkan saat memasak, sehingga sirkulasi udara akan lebih jernih dan segar.
4. Air lemon
Ilustrasi air lemon
Ilustrasi air lemon (Foto: Thinkstock)
Bila lemari es atau dapurmu tercium aroma yang kurang sedap, simpan wadah yang telah diisi lemon pada sudut ruangan. Aroma lemon yang tajam dan menyegarkan dapat menyerap bau busuk, dan menetralisir udara agar semakin bersih dan wangi. Kombinasikan dengan bahan beraroma tajam lainnya seperti daun pandan agar bau tak sedap segera hilang.
5. Cuka
Cuka
Cuka (Foto: Doc. Pexels)
Cuka juga merupakan bahan dapur lainnya yang ampuh menghilangkan bau tak sedap dari dapur. Padukan segelas kecil cuka dengan sepotong kayu manis segar, lalu simpan pada meja makan atau sudut dapur. Voila! Bau busuk dapur akan lenyap seketika!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan