kumparan
Entertainment28 Desember 2019 9:56

3 Selebriti yang Kena Tipu Oknum Ojek Online

Konten Redaksi kumparan
Maia Estianty, Billy Syahputra, Aura Kasih
Selebriti yang Kena Tipu Oknum Ojek Online Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola/kumparan
Penipuan yang dilakukan oknum ojek online tengah cukup marak terjadi. Beberapa korban telah berbagi pengalaman mereka terkait hal tersebut melalui media sosial.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, korban penipuan oleh oknum ojek online masih terus bertambah. Kasus tersebut baru-baru ini pun menimpa salah seorang selebriti.
Sebelumnya, kasus serupa juga menyandung dua pelaku dunia hiburan Tanah Air lain. Berikut ini tiga selebriti yang pernah menjadi korban penipuan oleh oknum ojek online.
1. Maia Estianty
Musisi Maia Estianty
Musisi Maia Estianty saat hadir di konferensi pers Indonesian Idol di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Senin, (16/9). Foto: Ronny
Pengalaman kena tipu oknum driver ojek online dibagikan Maia Estianty melalui unggahan Instagramnya, Jumat (27/12). Menurut musisi yang kini fokus berbisnis tersebut, awalnya ia menggunakan layanan Go-Food, yang ada di aplikasi Go-Jek, dengan pilihan pembayaran melalui Go-Pay.
"Tiba2 tuh sopir ojol bilang motor mogok, trus dia call mau ganti ubah sopir, dia minta gw klik *21* 0821 78912261# ... tau apa yg terjadi? ternyata itu code kita sedang me FORWARD Data telpon kita ke dia," tulis Maia Estianty sebagai caption unggahan Instagramnya.
ADVERTISEMENT
Maia Estianty mengaku tak memberikan kode OTP, namun saldo Go-Pay miliknya sukses dikuras oknum driver ojek online tersebut. Lebih dari itu, aplikasi Tokopedia dan WhatsApp di ponselnya pun diretas.
"Gw dah call Telkomsel buat minta kode menonaktifkan forwarding (pemindahan) data. Alhamdulillah bisa... walopun dia hampir aja lewat akun Tokped gw, mau beli HP lewat Kartu Kredit gw," tulis mantan istri Ahmad Dhani itu.
2. Billy Syahputra
Artis Billy Syahputra saat ditemui
Artis Billy Syahputra saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Jumat, (9/8). Foto: Ronny
Serupa dengan Maia Estianty, Billy Syahputra juga kena tipu oknum driver ojek online ketika menggunakan layanan untuk pesan makanan. Saat itu, oknum yang menipunya mengaku tak memiliki uang untuk membayar pesanan di merchant.
"Dia minta transfer ke aplikasi dia. Ketika kita transfer Rp 400 ribu, padahal nominal makanan Rp 300 ribu, enggak lama, dia bilang makanan sudah ada. Setahu gue, ketika gue sering beli itu makanan, itu paling cepat setengah jam dan sejam karena itu antre banget," ujarnya ketika ditemui pada 19 Agustus lalu.
ADVERTISEMENT
Alih-alih mengantarkan pesanan kepada Billy Syahputra, oknum driver ojek online itu lalu mengatakan kehabisan oli dan bensin. Intinya, motornya mengalami gangguan dan ia tengah berada di bengkel.
"Terus gue bilang, kalau di bengkel, gue samperin saja daripada ngerepotin. Dia bilang, enggak usah. Setelah itu dia ada kata-kata yang tidak wajar, kata-kata kasar yang sangat tidak sopan sekali sebagai oknum ojol. Setahu saya, ojol-ojol biasanya ramah dan baik," ucap Billy Syahputra yang pada akhirnya tak juga mendapatkan pesanannya serta kehilangan uang Rp 400 ribu.
3. Aura Kasih
Cast Film Arini, Aura Kasih
Cast Film Arini, Aura Kasih Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Aura Kasih kehilangan uang yang jumlahnya tak sedikit dari aplikasi ojek online. Ia mengabarkan insiden tersebut melalui Instagram Story.
"2 account gue hilang isi GoPay (1,9jt) dan tetiba masuk ke mbanking - virtual account - top up GoPay 9,7 juta kok bisa???? Nah lo!!!!" tulis Aura Kasih pada November lalu.
ADVERTISEMENT
Ia menduga akunnya diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. Hanya saja, Aura Kasih tak menjelaskan lebih detail mengenai penipuan yang menimpanya itu.
"Pengen share kejadian tentang @gojekindonesia. Tapi, ngobrol sama mereka dulu deh!! Kasian banyak supir pun yang kena ginian," tutup Aura Kasih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan