kumparan
10 Oktober 2019 8:05

5 Fakta dalam Sidang Perdana Kriss Hatta Terkait Kasus Penganiayaan

(NOT COVER) Kriss Hatta saat pelimpahan tahap 2 di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan
Kriss Hatta saat pelimpahan tahap 2 di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Foto: Dok. Istimewa
Kasus pemukulan yang dilakukan oleh Kriss Hatta ke Anthony Hilenaar berbuntut panjang. Aktor 31 tahun itu ditangkap polisi pada 24 Juli dan langsung ditahan usai menjalani pemeriksaan.
ADVERTISEMENT
Kriss Hatta dan Anthony sempat memutuskan untuk berdamai. Namun sayangnya, proses hukum tetap berjalan dan tak bisa berhenti begitu saja di tengah jalan.
Pembawa acara 'Uang Kaget' ini akhirnya menjalani sidang perdana kasus pemukulan pada Rabu (9/10). Berikut fakta-fakta daam persidangan.
1. Kriss Hatta tak lagi deg-degan hadapi persidangan
Kriss Hatta terlihat segar bugar saat mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk menjalani persidangan. Dia mengaku melakukan diet dan olahraga selama berada di rutan Cipinang, Jakarta Timur.
Artis Kris Hatta, Pengadilan Negeri Jakarta
Artis Kris Hatta saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, (9/10). Foto: Dok. Ronny
Sebelum terlibat di kasus pemukulan, pemilik nama lengkap Krisdian Topo Khuhatta ini juga sempat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Bekasi. Ia menghadapi kasus duguaan pemalsuan dokumen nikah dengan Hilda Vitria saat itu. Sidang kali ini pun dijalaninya dengan cukup santai.
ADVERTISEMENT
"Kalau yang pertama saya deg-degan, tapi kalau ini saya enggak. Jadi lebih santai," tutur Kris saat dijumpai sebelum sidang.
2. Jaksa ungkap kronologi pemukulan yang dilakukan Kriss Hatta ke Anthony
Dalam sidang perdana kasus pemukulan ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Indra Jaya, mengungkap kronologi pemukulan yang dilakukan Kriss Hatta ke Anthony.
Dalam dakwaannya, jaksa Indra Jaya mengatakan Kriss Hatta bersama dengan pacarnya, Rahelly Alia pada Minggu (7/4) sekitar jam 1 dini hari bermaksud menemui Manda di meja VIP di satu kelab malam kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.
Artis Kris Hatta, Pengadilan Negeri Jakarta
Artis Kris Hatta saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, (9/10). Foto: Dok. Ronny
Pemain film 'Seleb Kota Jogja' ini sempat menenggak minuman keras dan kemudian berjoget di meja VIP tersebut. Sekitar jam 2 dini hari, Anthony dan temannya datang menghampiri meja itu. Dia mengambil dua gelas minuman, memberikan pada temannya, kemudian dia pergi ke tempat DJ.
ADVERTISEMENT
Teman Anthony sempat memegang pundak Rahelly Alia dan mengajak berkenalan. Kriss tak suka dengan perlakuan teman Anthony dan langsung mendorongnya.
Tak lama kemudian, Anthony datang untuk membela temannya. Kriss tak terima dan merasa terancam dengan perlakuan Anthony, dia pun langsung memukulnya saat itu juga.
3. Kriss Hatta mengajukan eksepsi
Kriss Hatta merasa keberatan dengan pembacaan kronologi yang diungkap jaksa dalam persidangan. Dia pun berencana mengajukan nota keberatan alias eksepsi.
Pemain sinetron 'Manusia Harimau' itu merasa ada fakta-fakta yang tidak diungkapkan oleh jaksa. "Ada dakwaan jaksa yang hilang di situ. Ada dakwaan jaksa yang di mana pelapor ada menyerang balik di situ," kata Kriss Hatta.
Kriss Hatta sidang dugaan kasus penganiyaan di PN Jaksel
Kriss Hatta sidang dugaan kasus penganiyaan di PN Jaksel. Foto: Aria Pradana/kumparan
Kriss menduga ada orang yang tidak terima dengan keputusan bebas demi hukum yang dia dapatkan. Dia merasa dijegal dalam kasus yang sudah lama terjadi.
ADVERTISEMENT
"Kasus ini lebih lama dari kasus (pemalsuan dokumen nikah) yang kemarin di Bekasi. Sudah itu aja," tuturnya.
4. Kriss Hatta menduga Hilda Vitria ikut campur dalam kasus ini
Kriss Hatta merasa kasus hukum yang menjeratnya saat ini, masih ada kaitannya dengan kasus hukum yang pernah dijalaninya, yakni dugaan pemalsuan dokumen nikah. Dalam kasus tersebut, Hilda Vitria dianggap sebagai dalangnya.
"Iya, kasus ini ada kaitannya dengan kasus sebelumnya," ucap Kriss Hatta.
Artis Kris Hatta, Pengadilan Negeri Jakarta
Artis Kris Hatta saat menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, (9/10). Foto: Dok. Ronny
Bintang sinetron 'Hanya Kamu' tersebut mengaku memiliki bukti kalau Hilda memang terlibat di kasus ini. "Soalnya pelapor dengan dia (hilda) ada pertemuan ya, dan kita ada pembuktian," ujarnya.
Kriss merasa ada yang janggal dalam kasus ini. Apalagi, menurut penuturannya, pada malam itu dia dan Anthony bertengkar, bukan penganiayaan.
Kriss Hatta dan Hilda Vitria
Kriss Hatta dan Hilda Vitria. Foto: Munady/kumparan
"Karena di kasus sebelumnya (pemalsuan dokumen nikah) gue bebas, dan ini ada beberapa orang yang enggak suka dengan apa yang gue dapat. Jadi gue dijatuhkan lagi dengan kasus ini," tutur Kriss.
ADVERTISEMENT
"Ini tuh kasus lama pada 6 maret 2019, gue kira kasus (pasal) 351 ayat 1, harusnya tidak nunggu 3 bulan, dan ini konteksnya berantem bukan penganiayaan," lanjutnya.
5. Kriss Hatta berharap uang RP 150 juta berguna untuk Anthony
Kriss Hatta sempat mengupayakan perdamaian dengan Anthony. Tak tanggung-tanggung, dia bahkan memberikan Anthony uang hingga ratusan juta rupiah.
Namun, pada akhirnya Kriss tetap menjalani persidangan. Dia merasa upaya perdamaian tersebut tidak membuahkan hasil.
"Iktikad baik saya dengan keluarga sudah ditempuh dengan adanya perdamaian, nominal Rp 150 juta," kata Kriss.
Kriss Hatta
Kriss Hatta Foto: Ifgrafik: Putri Sarah Arifira/kumparan
Meski begitu, Kriss berharap uang yang disetorkan kepada Anthony Hillenaar dapat bermanfaat bagi pelapornya tersebut.
"Ya, saya berharap uang itu berguna buat keluarga pelapor," ujarnya.
Anthony di Kawasan Kapten Tendean (NOT COVER)
Anthony saat ditemui di Kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Jumat, (9/8). Foto: Ronny
Walau harus kembali menjalani proses hukum, tapi Kriss tidak kecewa. Dia berusaha menjalaninya dengan penuh kesabaran.
ADVERTISEMENT
"Enggak kok, enggak nyesel. Mungkin saya lebih mampu," ujarnya seraya tersenyum.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan