kumparan
7 Jan 2019 7:40 WIB

5 Film Komedi atau Musikal yang Bersaing di Golden Globes 2019

'Best Motion Picture Drama Musical or Comedy' Golden Globes 2019 (Foto: IMDb)
Ajang penghargaan Golden Globes 2019 akan segera digelar pada hari ini, Senin (7/1). Banyak film, serial televisi, aktor, dan aktris yang menjadi sorotan dan dijagokan untuk membawa pulang piala Golden Globes yang ke-76 tersebut, salah satunya kategori 'Best Motion Picture for Musical or Comedy'.
ADVERTISEMENT
Tahun lalu, film 'Lady Bird' memenangkan kategori tersebut. Film yang menampilkan Saoirse Ronan dan Timothée Chalamet itu mengalahkan empat film lainnya yang juga menjadi nominasi, yakni 'The Disaster Artist', 'Get Out', 'The Greatest Showman', dan 'I, Tonya'.
Tahun ini, ada lima film yang bersaing untuk memenangkan piala 'Best Motion Picture for Musical or Comedy' di Golden Globes 2019. Berikut lima film tersebut:
1. Crazy Rich Asians
'Crazy Rich Asian' sukses menghebohkan banyak orang saat film tersebut tayang pada Agustus 2018. Film drama komedi romantis tersebut menceritakan tentang mahasiswi bernama Rachel Chu Nick yang memacari cowok bernama Nick Young. Ternyata, Nick bukanlah orang biasa, melainkan seorang pemuda dari keluarga kaya raya di Singapura.
ADVERTISEMENT
Film ini mengisahkan tentang perjalanan Rachel untuk mendapatkan restu dari ibunda Nick, Eleanor. Eleanor menganggap Rachel tidak pantas bersanding dengan Nick karena Rachel bukan berasal dari keluarga kaya. Usaha Rachel tersebut dihadirkan dengan komedi yang mudah dicerna, lengkap dengan suasana yang membuat para penonton tersenyum dengan seluruh kemewahan yang ditampilkan dalam film itu.
Dibesut oleh Jon M. Chu, 'Crazy Rich Asians' dibintangi oleh Constance Wu, Henry Golding, Gemma Chan, Nico Santos, Lisa Lu, Awkwafina, Ken Jeong, dan Michelle Yeoh. Film ini meraup pendapatan sebesar USD 238 juta atau setara dengan Rp 3,4 triliun sejak tayang perdana hingga kini.
2. The Favourite
Digarap oleh sutradara Yorgos Lanthimos, 'The Favourite' menampilkan cerita di balik pemerintahan Ratu Anne dari Britania Raya di awal abad ke-18. Dua sepupu Abigail Hill dan Sarah Churchill memperebutkan takhta 'perempuan favorit' Ratu Anne, tujuannya untuk bisa mengontrol sang Ratu.
ADVERTISEMENT
Komedi yang dihadirkan dalam 'The Favourite' cukup sensitif dan memang tidak sesuai dengan norma. Komedi yang dihadirkan dalam film ini berhubungan dengan gender dan sebuah hubungan terlarang, namun ditampilkan dengan cukup rapi.
Diperankan oleh Olivia Colman, Emma Stone, Rachel Weisz, Nicholas Hoult, dan Joe Alwyn, film yang tayang akhir tahun 2018 ini telah mendapatkan USD 18,8 juta atau Rp 268 miliar.
3. Green Book
'Green Book' menceritakan tentang perjalanan pianis jazz klasik ternama berdarah Afrika-Amerika, Don Shirley, dan sopir sekaligus bodyguard-nya, Tony Vallelonga, menuju Deep South. Fungsi Tony adalah menjaga Don Shirley agar tidak terkena masalah selama dalam perjalanan.
Perbedaan budaya dan karakter yang ditampilkan dalam 'Green Book' adalah keunggulan utama film besutan Peter Farrelly yang satu ini. Cara Tony dan Don Shirley berinteraksi dan bagaimana mereka saling membenci kebiasaan satu sama lain dikemas dengan lucu. Aksi keduanya, terutama Tony, kerap mengundang tawa, khususnya saat dia berlaku sesuka hatinya dengan penuh semangat namun pada akhirnya, dia terlihat dungu.
ADVERTISEMENT
Mahershala Ali dan Viggo Mortensen adalah dua bintang utama film komedi yang satu ini. Sejak tayang 16 November lalu di Amerika Serikat, 'Green Book' telah meraih pendapatan sebesar USD 34,1 juta atau sekitar Rp 487 miliar.
4. Mary Poppins Returns
'Mary Poppins Returns' adalah film yang disutradarai oleh Rob Marshall dan dibintangi oleh Emily Blunt, Lin-Manuel Miranda, Ben Whishaw, Emily Mortimer, Julie Walters, Dick Van Dyke, Angela Lansbury, Colin Firth, dan Meryl Streep. Film fantasi musikal ini tayang di Indonesia pada Desember 2018.
Film ‘Mary Poppins Returns’ melanjutkan film terdahulunya yang tayang pada 1964. Berlatarkan London, Inggris, era '30-an, sosok Michael Banks digambarkan sebagai seorang ayah tunggal dari tiga anak, Annabel, John, dan Georgie. Tanpa kehadiran sosok ibu, anak-anak Banks menyadari bahwa ayah mereka tidak pandai dalam mengelola uang dan akan segera kehilangan rumah tempat tinggal mereka. Melihat keluarga Banks terbelit masalah yang cukup serius di era depresi besar Britania Raya, Mary Poppins kembali dari angkasa untuk membantu.
ADVERTISEMENT
Lagu-lagu di film ‘Mary Poppins Returns’ adalah daya tarik utama film tersebut. Musik dan scoring film ini diciptakan oleh Marc Shaiman, dengan lirik yang ditulis oleh dirinya dan Scott Wittman. Sekitar 27 lagu dihadirkan dalam film dan semuanya dinyanyikan oleh para pemain, terutama Emily Blunt sebagai Mary Poppins dan Lin-Manuel Miranda sebagai Jack.
Sejak tayang pertama kali, 'Mary Poppins Returns' telah mendapatkan pemasukkan sebesar USD 213 juta atau setara dengan Rp 3 trilun.
5. Vice
Cukup mengejutkan melihat aktor kekar seperti Christian Bale tampil gemuk dengan rambut putih tipis di film 'Vice'. Namun, hal itu patut diapresiasi karena Bale memerankan sosok Dick Cheney, Wakil Presiden Amerika Serikat ke-46.
'Vice' mengisahkan tentang sosok Dick Cheney dengan balutan komedi. Komedi yang dihadirkan merupakan sindiran-sindiran cerdas dari sutradara Adam McKay. Selain itu, banyak hal-hal ironis yang dimainkan Bale sebagai Cheney dalam film ini, mulai dari sisi lucu hingga liciknya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya Christian Bale, Amy Adams, Steve Carell, Sam Rockwell, Tyler Perry, Alison Pill, dan Jesse Plemons juga bermain dalam film ini. 'Vice' hanya meraup keuntungan sebesar USD 26,8 juta atau Rp 383 miliar sejak tayang Natal tahun lalu dari budget produksi sebesar USD 60 juta atau sekitar Rp 858 miliar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan