kumparan
25 Feb 2019 7:06 WIB

5 Pria yang Memperebutkan Piala 'Best Actor' Academy Awards 2019

Mereka yang mendapat nominasi 'Best Actor' di Academy Awards 2019 Foto: REUTERS
Pada Senin (25/2), ajang penghargaan Academy Awards 2019 akan digelar. Acara tersebut akan dilaksanakan di Dolby Theater, Los Angeles, AS, pukul 08.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Daftar nominasi Academy Awards 2019 telah diumumkan sejak Januari lalu. Sejumlah nama besar Hollywood tertera di kategori 'Best Actor' dan 'Best Actress'.
Untuk 'Best Actor', Rami Malek yang sukses besar berkat film 'Bohemian Rhapsody' tahun lalu masuk ke dalam daftar. Lantas, siapa lagi nama besar yang menjadi nominasi? Simak daftar berikut ini.
1. Rami Malek
Rami Malek sebagai Freddie Mercury Foto: 20th Century Fox
Malek mendapat nominasi Oscar berkat perannya sebagai sang vokalis Queen, Freddie Mercury, di film drama biopik 'Bohemian Rhapsody'.
Beban Malek sangat berat karena ia harus berperan sebagai Mercury yang sudah tersohor berkat lengkingan suara dan karya-karyanya. Bermodalkan gigi palsu, Malek dinilai sukses mengimitasi gestur Mercury kala sedang tampil menghibur penonton di atas panggung.
Brian May, gitaris Queen, mengakui bahwa ia amat menyukai penampilan Malek sebagai Mercury. Meski beberapa orang mengatakan bahwa sebagian adegan di film 'Bohemian Rhapsody' tidak sesuai fakta, semua sepertinya senang melihat penampilan Malek sebagai Mercury yang telah meninggal dunia pada 1991 karena AIDS.
ADVERTISEMENT
2. Christian Bale
Christian Bale di film 'Vice' Foto: IMDb
Di film 'Vice', Christian Bale berperan sebagai Richard Bruce Cheney. Cheney merupakan wakil presiden di masa pemerintahan George W. Bush dan dinobatkan sebagai wakil presiden terkuat dan terkejam di sepanjang sejarah Amerika Serikat.
Cara Bale mengubah bentuk tubuh agar serupa seperti Cheney patut diacungi jempol. Bale diketahui sengaja menipiskan rambut dan alisnya. Dia juga makan 15 telur ditambah semangkuk nasi setiap hari agar berat tubuhnya naik drastis hingga 18 kilogram.
Berkat kedisiplinan dan keseriusannya, Bale memenangkan Golden Globe Awards 2019 kategori 'Best Actor - Musical or Comedy'. Kritikus dan pecinta film dunia pun merasa Bale layak untuk diberi apresiasi lebih oleh Oscar 2019.
3. Bradley Cooper
Bradley Cooper di film 'A Star Is Born' Foto: Facebook @StarIsBornMovie
Selain menjadi sutradara dan produser, Cooper juga memerankan sosok Jack Maine di film 'A Star Is Born'.
ADVERTISEMENT
Maine digambarkan sebagai seorang musisi country terkenal yang berjuang keras untuk lepas dari ketergantungan alkohol. Dalam perjalanannya, Maine bertemu dan jatuh cinta dengan sosok Ally (Lady Gaga), seorang musisi muda yang sedang berjuang meraih kesuksesan.
Duet Cooper dan Gaga menjadi daya tarik tersendiri dari film 'A Star Is Born'. Selain itu, Cooper juga memperlihatkan emosi Maine dengan baik; saat dia berhadapan dengan cinta, karier, dan kebiasaan buruknya mengonsumsi alkohol. Penonton bisa merasakan sebesar apa cintanya pada Ally. Bahkan, sampai film tersebut sudah tak ada lagi di bioskop, orang-orang masih mencuit 'Carilah pria yang menatapmu seperti Bradley Cooper menatap Lady Gaga' di Twitter.
Sejak film 'American Sniper' (2014) meledak dipasaran dan dianugerahi banyak penghargaan bergengsi, perjalanan karier Cooper seolah tersendat dan berjalan biasa saja. Sebuah keuntungan tersendiri baginya terlibat di proyek film 'A Star Is Born' yang mulanya hendak digarap oleh Clint Eastwood.
ADVERTISEMENT
4. Viggo Mortensen
Viggo Mortensen di film 'Green Book' Foto: IMDb
Mortensen berperan sebagai Tony Lip di film drama komedi 'Green Book'. Ia didaulat untuk menghidupkan sosok Tony, petugas keamanan berkebangsaan Italia yang kerap bertindak kasar dan curang.
Dalam film ini, Mortensen diduetkan dengan Mahershala Ali yang memerankan sosok Don Shirley, seorang pianis yang kerap menjadi korban rasialisme. Keakraban Mortensen dan Ali di film menggambarkan persahabatan lintas ras antara Tony dan Shirley di dunia nyata dengan baik.
Mortensen pernah menceritakan bahwa ia amat serius kala mendalami karakter Tony Lip. Mortensen menemui anak Tony, Nicko, agar bisa mempelajari gaya, gestur tubuh, dan cara bicara Tony di kehidupan nyata. Hal itu terbukti, karena Mortensen sangat fasih bicara dalam aksen Amerika-Italia, mengingat dirinya adalah pria berdarah Denmark-Amerika.
ADVERTISEMENT
  1. Willem Defoe
Willem Defoe di film 'At Eternity's Gate' Foto: IMDb
Defoe adalah peraih nominasi 'Best Actor' tertua di Oscar 2019. Ia mendapatkannya berkat peran sebagai pelukis legendaris Vincent van Gogh di film biopik 'At Eternity's Gate'.
Tahun lalu, Defoe juga menjadi nominasi Oscar berkat perannya sebagai Bobby Hicks di film 'The Florida Project'. Namun, Defoe dikalahkan oleh Sam Rockwell yang bermain apik di film 'Three Billboards Outside Ebbing, Missouri'.
Demi memerankan Van Gogh, Defoe melakukan riset yang cukup berat. Ia belajar cara melukis. Dia juga mempelajari berbagai lukisan dan surat yang pernah dibuat oleh Van Gogh. Defoe bahkan pergi ke Prancis dan tinggal selama beberapa hari di tempat tinggal lama Van Gogh.
Dari lima nama tersebut, Rami Malek berpotensi untuk memenangkan piala Oscar pertamanya. Malek sangat piawai dalam memerankan sosok Freddie Mercury, terbukti dari apresiasi yang ia terima dari Brian May, gitaris Queen, sekaligus sahabat dekat Mercury dan sejumlah kritikus film lainnya di dunia.
ADVERTISEMENT
Namun, Bale menjadi pesaing yang cukup berat bagi Malek. Usaha Bale dalam memerankan sosok Richard Bruce Cheney amat berat hingga harus menaikkan berat tubuhnya secara drastis. Bale juga dinilai berhasil menghidupkan sisi humor di film 'Vice' secara satir.
Menurut kamu, siapa yang kira-kira bisa membawa pulang piala Oscar kategori 'Best Actor'? Tulis jawaban dan alasanmu di kolom komentar!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan