kumparan
30 Januari 2019 13:50

Aktor Serial 'Empire', Jussie Smollett, Jadi Korban Kekerasan Rasial

Jussie Smollett
Jussie Smollett. (Foto: Instagram @jussiesmollett)
Aktor Jussie Smollett baru saja mengalami kejadian yang tak menyenangkan. Dia diserang oleh dua orang tak dikenal dengan alasan rasial dan orientasi seksual pada Selasa (29/1) malam waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Dilansir Buzzfeed News, pemain serial drama 'Empire' tersebut sedang berjalan kaki di pagi hari setelah mampir di sebuah toko sandwich di Chicago, AS. Setelahnya, dia dihampiri dua orang pria yang menghajar dan menyerangnya dengan kata-kata kasar, terutama yang berhubungan dengan rasialisme.
Tak hanya itu, dua orang tersebut juga menuangkan zat kimia pada tubuh Smollett dan lehernya juga diikat dengan tali. Mereka juga meneriakkan, "This is MAGA (Make America Great Again) country."
Jussie Smollett
Jussie Smollett. (Foto: Instagram @jussiesmollett)
Menurut Kepolisian Chicago, aktor berumur 35 tahun itu membawa dirinya ke Rumah Sakit Northwestern setelah kejadian tersebut. Kondisinya saat ini sudah dalam keadaan yang lebih baik. Pada CNN, Smollett mengatakan bahwa dia sempat menyerang balik kedua pelaku dalam keadaan marah besar hingga tubuhnya gemetar.
ADVERTISEMENT
"Mengingat kerasnya tuduhan itu, kami menangani penyelidikan ini dengan sangat serius dan menduga kasus ini sebagai kejahatan rasial," jelas pernyataan dari Kepolisian Chicago.
Jussie Smollett
Jussie Smollett. (Foto: REUTERS / Danny Moloshok)
Pihak 20th Century Fox Television dan Fox Entertainment yang selama ini bekerja sama dengan Smollett telah merilis pernyataan terkait kejadian yang dialami sang aktor.
"Kami sangat sedih dan marah mengetahui bahwa anggota keluarga 'Empire' kami, Jussie Smollett, diserang dengan kejam tadi malam. Kami mengirimkan cinta kami kepada Jussie, yang ulet dan kuat, dan kami akan bekerja dengan penegak hukum untuk membawa para pelaku ini ke pengadilan. Seluruh studio, jaringan, dan produksi berdiri dan bersatu dalam menghadapi segala tindak kekerasan dan kebencian, terutama terhadap salah satu dari kita sendiri," jelas mereka.
ADVERTISEMENT
Kreator serial 'Empire', Lee Daniels, pun mengunggah video dukungan untuk Smollett ke akun Instagramnya. Dalam video itu, Daniels menyebut Smollett sudah seperti anak lelakinya sendiri dan mengingatkannya untuk tetap kuat menghadapi kejadian yang menimpanya.
"Kau tidak pantas untuk dipasangkan tali di lehermu, untuk mengalami rasialisme, diteriaki 'mati saja kau pecundang!' atau apa pun yang mereka katakan padamu. Kau lebih baik dari itu. Kami lebih baik dari itu. Amerika lebih baik dari itu," ucapnya.
"Kita harus saling mencintai terlepas dari apa pun orientasi seksual kita, karena itu menunjukkan bahwa kita bersatu. Dan tidak ada hal-hal rasial yang bisa masuk dan melakukan apa yang mereka lakukan kepadamu. Angkat kepalamu, Jussie. Aku bersamamu, aku akan ke sana sebentar lagi (menjenguk Smollett di rumah sakit)," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Sejumlah selebriti juga turut berkomentar atas apa yang terjadi pada bintang film 'Alien: Covenant' itu. Beberapa di antaranya pun menyampaikan amarah mereka melalui media sosial Twitter.
Sampai saat ini, Smollett dikabarkan masih berada di Rumah Sakit Northwestern.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan